Share

Melihat Masjid Tertua hingga Terbesar di Merauke Papua, Ada Sejak Penjajahan Belanda

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 615 2480935 melihat-masjid-tertua-hingga-terbesar-di-merauke-papua-ada-sejak-penjajahan-belanda-94tOKQQkNy.jpg Masjid Raya Al Aqsa di Merauke, Papua, yang penuh nilai sejarah. (Foto: Yogi Rachman/Antara)
A A A

DI Kabupaten Merauke, Papua, ternyata ada masjid penuh nilai sejarah. Masjid tersebut adalah Masjid Jami yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Kabupaten Merauke sendiri kini menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021.

Masjid Jami yang berada Jalan Raya Mandala itu telah dibangun sejak tahun 1940 ketika belum tersedianya sarana untuk beribadah bagi umat Islam yang tinggal di wilayah paling timur di Indonesia tersebut.

Baca juga: Viral Pemuda Ramah, Sambut Jamaah Masjid hingga Rapikan Sandal Ternyata Anak Sultan 

"Kalau di Merauke, masjid sekarang ada banyak. Tapi yang paling tua ini (Masjid Jami). Sebelum ada masjid lain," kata Subur sang penjaga masjid saat ditemui di Merauke, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/10/2021).

Jika dilihat arsitektur Masjid Jami sepintas mirip dengan arsitektur Masjid Agung Demak. Rupanya hal itu memang sengaja dipilih oleh pihak pengurus saat melakukan renovasi masjid.

Baca juga: JK Minta Pengurus Masjid Tidak Bangun Unit Usaha atau Koperasi 

Sejak pertama kali berdiri, masjid tersebut memang sudah beberapa kali melakukan renovasi. Bahkan saat ini pihak pengurus juga sedang melakukan renovasi tempat wudu bagi jamaah dan tempat parkir.

Subur menjelaskan bahwa Masjid Jami mampu menampung hingga 700 jamaah yang akan melakukan ibadah. Saat momen hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Masjid Jami dikunjungi banyak jamaah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak hanya itu, Masjid Jami juga rutin menggelar kegiatan seperti pengajian bagi anak-anak dan dewasa. Sejak pandemi covid-19, pengurus masjid memberlakukan protokol kesehatan bagi jamaah yang ingin beribadah.

"Pengajian anak setiap hari setelah ashar. Tidak ada pungutan biaya. Siapa saja boleh kalau mau belajar," ujar Subur.

Baca juga: Ini Alasan Anak Sultan Subang Pilih Kerjaan Rapikan Sandal Jamaah Masjid 

Sementara itu, berlokasi tak jauh dari Tugu Lingkar Brawijaya (Libra) berdiri sebuah masjid megah di Merauke yang saat ini menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Warga setempat mengenalnya dengan nama Masjid Raya Al Aqsa.

Masjid yang dibangun tahun 1983 itu memiliki kubah besar dengan menara menjulang setinggi kurang lebih 45 meter. Arsitekturnya mengusung campuran aliran gothik dan Timur Tengah dengan tiang pilar besar yang berada di ruang utama.

Baca juga: 8 Aktivitas Ramah Muslim di Chinatown Singapura, Bisa Ziarah Masjid Lho 

Sedangkan untuk daya tampung jamaah masjid dua lantai tersebut sekira 5000. Pada hari biasa, banyak warga Merauke yang datang untuk beribadah di masjid tersebut.

Tidak hanya itu, banyak warga yang juga melakukan swafoto dengan mengambil latar kemegahan arsitektur dari Masjid Raya Al Aqsa tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini