Share

Cerita Syekh Abdal Hakim Murad Jadi Mualaf, Berawal Lihat Orang-Orang Rajin Sholat

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 621 2481440 cerita-syekh-abdal-hakim-murad-jadi-mualaf-berawal-lihat-orang-orang-rajin-sholat-632YPIkXJy.jpg Kisah mualaf Timothy John Winter atau kini lebih dikenal sebagai Syekh Abdal Hakim Murad. (Foto: YouTube Penduduk Langit)
A A A

HIDAYAH untuk memeluk agama Islam bisa datang dari mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Meskipun orang itu memiliki keyakinan sangat fanatik, Allah Subhanahu wa ta'ala Maha Membolak-balikan Hatinya. Inilah yang dialami seorang dosen bernama Timothy John Winter atau kini lebih dikenal Syekh Abdal Hakim Murad. Ia memutuskan untuk menjadi mualaf karena kesadaran diri sendiri.

Dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Penduduk Langit, Selasa (5/10/2021), Syekh Abdal Hakim Murad atau Timothy John Winter memutuskan memeluk agama Islam usai melihat peradaban dan kebiasaan kaum Muslimin. Menurut dia, peradaban besar yang dihasilkan Islam menyebar dari Timur Tengah ke berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Profesor Matematika Jeffrey Lang Yakin Jadi Mualaf Usai Temukan Alquran di Mejanya 

"Lihatlah Alhambra di Spanyol, Taj Mahal di India, dan lainnya. Semuanya merupakan salah satu peradaban Islam dalam dunia arsitektur," ujarnya.

Kemudian Syekh Abdal Hakim Murad juga melihat bahwa Islam memiliki beragam tradisi yang berbeda-beda antara satu negara dan negara lainnya. Ia memberikan contoh tradisi Islam di Afrika berbeda dengan tradisi Islam di Turki, Uzbekistan, Melayu, Bosnia, dan negara lainnya.

Baca juga: Hatinya Tenang ketika Dengar Azan, Jurnalis Australia Ini Yakin Jadi Mualaf 

Meski demikian, kaum Muslimin hanya menyembah satu Tuhan yaitu Allah Subhanahu wa ta'ala, dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai suri teladan seluruh umat Islam.

"Islam bersumber dari satu dan beragam tradisi itu untuk satu tujuan, yakni Allah. Mereka semua menghadapkan diri ke satu tempat yang berdoa dan sujud, yakni ke arah Makkah yang menjadi kiblat semua umat Islam di seluruh dunia," kata Syekh Abdal Hakim Murad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal tersebut lah awal mulanya perkenalan dia dengan ajaran agama Islam. Dirinya pun mulai berpikir dan kembali mengamati kebiasaan umat Islam dalam menjalankan keyakinannya.

Saat di Kairo, Mesir, ia melihat kebiasaan atau rutinitas penduduk tersebut sering mendengarkan radio yang berisikan ceramah atau kajian serta muratal Alquran.

Baca juga: Kisah Ulama Mantan Pendeta Jadi Mualaf karena Surah Ali Imran dan Azan Subuh 

Selain itu yang paling Timothy amati adalah masyarakat Muslim di Kairo tidak pernah meninggalkan sholat wajib lima waktunya dan disertai sholat sunah lainnya.

"Dari sinilah saya memahami kebiasaan orang yang menurut saya itu adalah sesuatu yang logis dan benar," ujar dosen studi Islam di Universitas Cambridge ini.

Baca juga: Dibesarkan Tanpa Agama, Wanita Bule Ini Sekarang Mantap Jadi Muslimah 

Melihat semua hal yang menakjubkan itu, hati Timothy makin terketuk dan memutuskan untuk menjadi mualaf. Dirinya menegaskan, masuk Islam bukan karena ajakan atau paksaan, melainkan keinginannya sendiri karena telah meyakini bahwa Islam merupakan agama yang benar.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini