Share

Tokoh Muslim Dunia: Berke Khan sang Penakluk Jenderal Penindas dari Mongol

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 614 2482562 tokoh-muslim-dunia-berke-khan-pejuang-dari-mongol-penakluk-jenderal-penindas-2foiykndwt.jpg Ilustrasi Berke Khan sang pejuang Islam asal Mongol. (Foto: Wikipedia)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Berke Khan. Ia merupakan salah seorang pemimpin terbesar dunia dari Mongol yang juga berpengaruh dalam syiar Islam.

Dikutip dari laman Muslim Memo, Berke Khan atau dieja Birkai Khan adalah cucu Jenghis Khan sang pemimpin Mongol. Sama seperti orang Mongol lainnya, Berke Khan juga memulai karier militernya di usia muda.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Biruni Ilmuwan yang Membuktikan Bumi Berbentuk Bulat 

Dia mengambil bagian dalam beberapa ekspedisi militer, tetapi hal terpenting dalam kariernya adalah kekuasaannya atas Golden Horde (1257-66), salah satu negara paling kuat dalam Kekaisaran Mongol.

Berke Khan memeluk Islam pada 1252 di Bukhara. Disebutkan, dia bertemu dengan karavan yang melewati kota dan menanyai mereka tentang imannya. Terkesan oleh konsep Islam tentang ikonoklasma dan iman, Berke menjadi seorang Muslim yang taat dan tetap seperti itu sepanjang hidupnya. Tapi itu bukan satu-satunya rencana yang Allah Subhanahu wa ta'ala sediakan untuk Berke Khan.

Berke Khan. (Foto: Mvslim)

Awal Mula

Hulagu Khan adalah cucu Jenghis Khan dan sepupu lainnya dari Berke Khan. Dia adalah pemimpin Ilkhanate, negara semi-otonom di dalam Kekaisaran Mongol. Terpikat oleh keindahan pendamping Kristennya Doquz Khatun, Hulagu memendam ketidaksukaan bagi semua orang yang tidak disukai Khatun.

Secara alami, ketika para utusan Gereja Nestorian mengunjungi Hulagu, mereka merasa lebih mudah untuk membujuknya melawan para Muslim. Bersemangat untuk mengesankan ratu permaisuri, Hulagu maju terus untuk menghancurkan dunia Islam.

Jalan kehancuran Hulagu berlangsung selama bertahun-tahun. Mulai dari Persia pada 1256, dia berangkat untuk menjatuhkan hampir setiap negara besar yang menghalangi jalannya.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Haitham sang Penemu Optik 

Pada 1258, setelah Pertempuran Baghdad, pasukan Hulagu menghancurkan Kekhalifahan Abbasiyah dan membunuh Khalifah Al-Musta Billim yang saat itu Khalifah. Kemudian membunuh pemimpin tituler dunia Islam adalah pukulan besar.

Ayyubi Damaskus juga menjadi mangsa serangan Hulagu tanpa ampun. Berdasarkan fakta yang ada, bangsa Mongol adalah kekuatan yang tangguh dan mengikuti konsep "musuh-musuhku adalah temanku", banyak kerajaan susunan Kristen, termasuk beberapa negara Tentara Salib, dengan senang hati menawarkan dukungan kepada bangsa Mongol.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mongol dan Mamluk

Setelah mengambil semua kekuatan Muslim utama di Asia Barat dan didukung oleh negara-negara bawahan seperti kerajaan Georgia dan Armenia Kilikia, Hulagu mengalihkan perhatiannya ke Kesultanan Mamluk. Dia mengirim utusannya ke Sultan Qutuz dari Mamluk dengan surat berikut:

"Dari Raja Para Raja Timur dan Barat, Khan Agung. Kepada Qutuz, Mamluk, yang melarikan diri untuk menghindari pedang kami. Anda harus memikirkan apa yang terjadi dengan negara lain dan tunduk kepada kami. Anda telah mendengar bagaimana kami telah menaklukkan kekaisaran yang luas dan telah memurnikan bumi dari kekacauan yang menodai itu. Kami telah menaklukkan daerah yang luas, membantai semua orang. Anda tidak dapat melarikan diri dari teror tentara kami. Di mana Anda bisa melarikan diri? Jalan apa yang akan Anda gunakan untuk melarikan diri dari kami? Kuda kami cepat, panah kami tajam, pedang kami seperti petir, hati kami sekeras gunung, prajurit kami sebanyak pasir. Benteng tidak akan menahan kami, atau pasukan menghentikan kami.

Doa Anda kepada Tuhan tidak akan membuahkan hasil bagi kami. Kami tidak tersentuh oleh air mata atau tersentuh oleh ratapan. Hanya mereka yang meminta perlindungan kami yang akan aman. Percepat balasan Anda sebelum api perang dinyalakan. Bertahan dan Anda akan merasakan bencana paling mengerikan. Kami akan menghancurkan masjid Anda dan membuktikan kelemahan Tuhan Anda dan kemudian akan membunuh anak-anak Anda dan orang tua Anda bersama-sama. Saat ini Anda adalah satu-satunya musuh yang harus kami pawai."

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ismail al Jazari Perancang Pompa Air Cikal-bakal Robotika Modern 

Mendapat surat seperti itu, Sultan Qutuz geram dan ditanggapi dengan mengeksekusi utusan Mongol. Tentunya bukan hal yang sangat Islami untuk dilakukan.

Mudah ditebak, Mamluk mungkin bukan tandingan Mongol dan sekutu mereka. Namun, Allah Subhanahu wa ta'ala punya rencana lain. Khan Agung meninggal di Tiongkok dan Hulagu harus mundur ke rumah. Ditambah lagi, dia tidak bisa mempertahankan pasukan yang sangat besar secara ekonomi untuk durasi yang lebih lama.

Saat itulah Mamluk melihat peluang dan meraihnya. Sultan Qutuz dan Baibars memimpin ekspedisi melawan pasukan Mongol yang tersisa di wilayah tersebut dan berhasil mengalahkan jenderal Hulagu dan sekutu Georgia atau Armenia mereka di Pertempuran Ayn Jalut (1260).

Ini tentu saja tidak cocok dengan Hulagu sendiri. Sekembalinya dari China, dia memutuskan untuk menjadikan misi melawan Mamluk sebagai tujuan pribadinya.

Baca juga: Tokoh Muslim Indonesia: Syekh Nawawi Al Bantani, Ulama Nusantara Penulis 115 Kitab 

Perang Berke-Hulagu

Pada 1262, Hulagu memutuskan untuk meluncurkan kampanye melawan negara-negara Muslim untuk membalas kekalahan di Ayn Jalut. Dipicu pembalasan dendam dan memimpin pasukan militer yang jauh lebih besar dari Mamluk, Hulagu tentu saja cukup mampu untuk memusnahkan lawan-lawannya.

Di sinilah Berke Khan melangkah. Dalam suratnya yang ditujukan kepada Khan Besar Mongol, Berke menulis: "Hulagu telah menghancurkan semua kota Muslim dan telah menyebabkan kematian khalifah. Dengan bantuan Allah, saya akan memanggilnya untuk menghitung begitu banyak darah orang yang tidak bersalah."

Berke Khan Menepati Janjinya

Hulagu tidak bisa melancarkan serangan lebih lanjut terhadap tanah Muslim. Perang Berke-Hulagu pada 1262 adalah perang saudara besar pertama di Kekaisaran Mongol Barat. Berjuang di Pegunungan Kaukasus, perang ini menumbangkan kekuatan Hulagu.

Pasukannya dihancurkan di dekat Sungai Terek oleh keponakan Berke, Nogai, dan Hulagu terpaksa mundur. Dia wafat pada 1265, dan dengan demikian mengakhiri pemerintahan terornya terhadap kaum Muslimin.

Sementara Berke Khan cepat menanggapi krisis, dia ragu-ragu memerangi Hulagu, sepupunya. Dengan kata-katanya sendiri: "Orang Mongol terbunuh oleh pedang orang Mongol. Jika kita bersatu, maka kita akan menaklukkan seluruh dunia."

Tapi, Berke tidak bisa duduk dan menyaksikan Hulagu membunuh jutaan Muslim setiap hari. Dia harus melakukan apa yang sudah seharusnya dia lakukan dan dia melakukannya.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Khawarizmi sang Ahli Matematika Penemu Metode Aljabar 

Warisan Berke Khan

Berke Khan meninggal kira-kira setahun setelah Hulagu, yakni pada 1266-67. Dia digantikan oleh keponakannya, Mengu-Timur, yang melanjutkan kebijakan aliansi Berke dengan Mamluk dan oposisi terhadap Ilkhanate.

Dalam masa jabatannya yang singkat sebagai Khan dari Golden Horde, Berke Khan meninggalkan dampak yang bertahan lama. Sementara sebagian besar sejarawan cepat melihat Pertempuran Ayn Jalut sebagai peristiwa yang menentukan yang memeriksa serangan Mongol, itu hanya kemenangan parsial.

Hulagu sendiri bukan bagian dari pertempuran. Sementara Mamluk masih kalah jumlah, dan mengalahkan Jenderal Hulagu dan sekutu mereka adalah prestasi yang patut dipuji, ancaman itu tidak sepenuhnya dihindari.

Hanya melalui upaya Berke Khan pembantaian umat Islam terhenti. Intervensi oleh Berke Khan menyelamatkan kota suci Islam, termasuk Makkah, Madinah, dan Yerusalem, dari pasukan Hulagu.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Sina sang Pakar Kesehatan Pencetus Dasar-Dasar Ilmu Kedokteran 

Semua orang telah menyaksikan bagaimana jutaan orang terbunuh dengan darah dingin selama kejatuhan Baghdad, semua dilakukan Hulagu. Jika bukan karena Berke Khan, banyak kota lain akan mengalami nasib sama.

Sangat menyakitkan untuk melihat banyak Muslim masa kini bahkan belum pernah mendengar tentang Berke Khan dan kontribusinya terhadap Islam.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Umar Khayyam sang Ahli Matematika dan Astronomi 

Tentu dia mungkin bukan contoh kesucian. Tetapi Berke Khan adalah seseorang yang menyadari kalau saudara seimannya membutuhkan bantuannya. Dia tidak menghindar dari melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat.

Berke Khan tidak bersembunyi di balik diplomasi atau keuntungan pribadi atau batas-batas kebangsaan yang palsu. Ini adalah warisannya, dan semoga Allah Subhanahu wa ta'ala membalas Berke Khan atas perjuangannya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini