Share

7 Pemimpin Negara yang Pernah Masuk Kakbah, 3 di Antaranya dari Indonesia

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 614 2482822 7-pemimpin-negara-yang-pernah-masuk-kakbah-3-di-antaranya-dari-indonesia-S8BSP8mBhW.jpg Presiden Jokowi dan keluarga mendapat kesempatan memasuki Kakbah. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
A A A

KAKBAH di Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi, merupakan bangunan yang sangat suci bagi umat Islam. Kakbah juga menjadi kiblat sholat. Maka itu, tidak semua orang bisa masuk ke Kakbah. Hanya orang-orang tertentu yang diizinkan oleh otoritas setempat.

Namun para pemimpin dari sejumlah negara diizinkan memasuki area dalam Kakbah. Bahkan, tiga di antaranya presiden Republik Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut tujuh pemimpin tersebut, seperti telah Okezone rangkum, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Sejarah Singkat Kakbah, Pernah Punya Pintu Kayu untuk Cegah Penyusup dan Banjir 

1. Raja Arab Saudi

Sebagai pemimpin tertinggi di negara tersebut, sudah sewajarnya Raja Arab Saudi memiliki wewenang untuk memasuki area dalam Kakbah.

Kakbah.

2. Presiden Tajikistan

Presiden Emomali Rahmon pada tahun 2016 pernah diundang secara eksklusif oleh Raja Arab Saudi untuk memasuki Kakbah. Dia bersama keluarga diizinkan memasuki Kakbah pada 4 Januari 2016.

Baca juga: Subhanallah, Viral Jamaah Umrah Tidak Bisa Lihat Kakbah Padahal Ada di Depan Matanya 

3. Presiden Republik Azerbaijan

Presiden Ilham Aliyev pada tahun 2015 juga pernah diizinkan untuk memasuki Kakbah. Meskipun telah diizinkan memasuki Kakbah, tetapi kebijakan di negaranya dinilai sangat mendiskriminasikan agama Islam.

4. Perdana Menteri Malaysia

Tidak jauh dari Indonesia, Perdana Menteri Malaysia pun pernah mendapat kesempatan memasuki area dalam Kakbah. PM Najib Razak diberi kesempatan itu pada 11 Januari 2018.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Presiden Joko Widodo pun mendapat kesempatan emas untuk memasuki area dalam Kakbah. Presiden Jokowi bersama keluarga diberi kesempatan tersebut saat melaksanakan ibadah umrah.

Baca juga: Sejarah Surat Al Fil, Pasukan Gajah Raja Abrahah Gagal Menghancurkan Kakbah 

6. Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono

Sebelum Presiden Jokowi, presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mendapat kesempatan yang sama, yaitu diizinkan masuk ke Kakbah. SBY dalam kunjungan kenegaraan bersama keluarga diberi kesempatan memasuki Kakbah pada 27 April 2005.

Soeharto dan keluarga sholat di Masjidil Haram. (Foto: Tututsoeharto.id)

7. Presiden Republik Indonesia Soeharto

Jauh sebelum Presiden Jokowi dan SBY, presiden kedua RI Soeharto telah lebih dulu diizinkan masuk ke area dalam Kakbah. Presiden yang menjabat selama 32 tahun tersebut mendapat kesempatan pada 31 Oktober 1995.

Baca juga: Viral Askar Pinjamkan Payung kepada Jamaah Umrah di Depan Kakbah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini