Share

Kisah Masa Kecil Nabi Muhammad Disusui Halimah Sa'diyah, Berbagai Keajaiban Terjadi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 330 2483062 kisah-masa-kecil-nabi-muhammad-disusui-halimah-sa-diyah-berbagai-keajaiban-terjadi-VkzaM7UheZ.jpg Ilustrasi Halimah Sa'diyah yang menyusui Nabi Muhammad ketika masih kecil. (Foto: MUI.or.id)
A A A

MASA kecil Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang diasuh Halimah As-Sa'diyah memang sangat berkesan. Ini menjadi sejarah tentang kemuliaan seseorang perempuan serta betapa salihnya Rasulullah sejak masih bayi.

Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA menceritakan sejarah ketika Halimah Sa'diyah menyusui Muhammad saat masih bayi. Kala itu ada 10 wanita dari Bani Sa'd bin Bakar datang ke Makkah untuk mencari bayi-bayi yang akan disusui. Hal tersebut menjadi bagian budaya wanita-wanita di pedalaman (perkampungan) Arab.

Baca juga: Ini Nasab dan Kelahiran Nabi Muhammad, Umat Islam Wajib Tahu 

Dari 10 wanita tersebut, Halimah Sa'diyah-lah yang terpilih menyusui Muhammad. Sementara wanita lainnya tidak mau, karena ia adalah anak yatim.

Keluarga Halimah hidup di perkampungan kabilah Sa'ad bin Bakr. Perkampungan itu terkenal tandus, bahkan di Arab tidak ada perkampungan yang lebih tandus dari kampung tersebut. Kampung kabilah Sa'ad bin Bakr sedang dilanda paceklik. Hewan ternak di kampung tidak ada yang tumbuh subur, semuanya kering dan kurus.

Akhirnya Halimah dengan senang hati menyusui Muhammad. Saat itu Halimah ditemani oleh suaminya Al Harits, dan anaknya yang juga masih kecil.

Ternyata saat Halimah menyusui Muhammad, anaknya juga menangis dan ingin ASI. Saat itu juga Halimah memberikan air susu kepada anaknya.

Baca juga: Kisah Hewan Anjing Marah saat Nabi Dihina dan Membuat 40 Ribu Orang Masuk Islam 

Setelah menyusui Muhammad, berbagai keajaiban pun datang kepadanya. Saat itu Halimah hanya mengendarai keledai, di mana jalannya yang cukup lambat. Tapi setelah menyusui Muhammad, jalan hewan tersebut menjadi cepat.

"Suaminya (Halimah) bilang, 'Hei cepat sekali'," cerita Ustadz Firanda, seperti dikutip dari video tausiyah di kanal YouTube-nya Firanda Andirja, Jumat (8/10/2021).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak hanya itu, keajaiban lainnya terjadi, yakni air susu Halimah juga makin banyak. Kemudian susu dari hewan ternaknya yaitu unta dan kambing makin melimpah.

Padahal saat itu kampungnya sedang paceklik. Namun berkat keberkahan telah menyusui Rasulullah yang masih bayi, keajaiban tersebut terus saja datang.

Baca juga: Kisah Nabi Ibrahim Tengah Malam Didatangi Malaikat yang Menyamar, Reaksinya Luar Biasa 

Sejarah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam disusui oleh Halimah Sa'diyah juga tertulis dalam ayat suci Alquran. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Adh-Dhuha Ayat 6:

أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَـَٔاوَىٰ

Artinya: "Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?"

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Pengertian Mujahadah An Nafs seperti Kisah Nabi Yusuf 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini