Share

5 Orang Beruntung yang Pernah Sholat di Dalam Kakbah

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 614 2483096 5-orang-beruntung-yang-pernah-sholat-di-dalam-kakbah-TBKZdOU6n5.jpg Bangunan suci Kakbah di Masjidil Haram, Makkah. (Foto: SPA/Arabnews)
A A A

SHOLAT di dalam Kakbah merupakan momen yang sangat langka dan tidak akan terlupakan bagi kaum Muslimin yang mendapat kesempatan tersebut. Momen ini sangatlah istimewa karena tidak semua orang bisa diizinkan masuk dan sholat di dalam Kakbah, sekalipun warga negara Arab Saudi sendiri.

Tetapi, beberapa orang ini sangatlah beruntung mendapat kesempatan yang sangat langka masuk dan sholat di dalam Kakbah di Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi. Berikut orang-orang tersebut, sebagaimana telah Okezone rangkum, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: 7 Benda di Dalam Kakbah yang Tidak Banyak Diketahui 

1. Ibu Negara Iriana

Ibu Negara Iriana ikut dalam rombongan sang suami Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diizinkan masuk ke bangunan Kakbah. Beberapa anggota keluarganya yang lain juga turut serta.

Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan keluarga mendapat kesempatan memasuki Kakbah. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

2. Gibran Rakabuming

Putra sulung Presiden Joko Widodo yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta ini beruntung karena pernah sholat di dalam Kakbah. Ia ikut dalam kujungan Presiden Jokowi di Arab Saudi pada tahun 2019.

3. Kaesang Pangarep

Sama halnya dengan sang kakak, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi pun ikut serta dalam kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi pada tahun 2019. Ia pun berkesempatan masuk dan sholat di dalam bangunan suci Kakbah.

Baca juga: 7 Pemimpin Negara yang Pernah Masuk Kakbah, 3 di Antaranya dari Indonesia 

4. Rombongan Presiden Soeharto

Dalam kunjungan Presiden Soeharto ke Arab Saudi tahun 1995, rombongan diberi kehormatan memasuki area dalam Kakbah serta sholat di dalamnya. Kesempatan langka tesebut lantas dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para rombongan yang terdiri dari keluarga presiden, staf, serta para wartawan.

Selepasnya ibadah sholat, para rombongan tidak dapat berkata apa pun, karena kesempatan langka ini sangat diimpikan oleh umat Islam di dunia.

Sholat di dalam Kakbah merupakan hal yang sangat sakral dan religius bagi kaum Muslim di muka bumi ini. Kesempatan langka tersebut akan selalu terkenang bagi siapa pun yang mendapatkannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Petugas kebersihan Pakistan

Seorang petugas kebersihan dari Pakistan mendapat predikat sebagai karyawan kebersihan terbaik di Masjidil Haram. Petugas tersebut menolak penghargaan berupa uang jutaan rupiah, tapi memilih untuk pihak terkait mengizinkannya menunaikan sholat seorang diri di Hijr Ismail.

Baca juga: Subhanallah, Viral Jamaah Umrah Tidak Bisa Lihat Kakbah Padahal Ada di Depan Matanya 

Sebagaimana diketahui, Hijr Ismail merupakan bagian dari Kakbah. Dapat diketahui dari hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang diriwayatkan oleh Abu Daud:

"Dari Aisyah radhiyallahu anha,ia berkata: 'Aku sangat ingin memasuki Kakbah untuk melakukan sholat di dalamnya.' Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membawa Aisyah ke dalam Hijr Ismail sambil berkata: 'Sholatlah kamu di sini jika kamu ingin sholat di dalam Kakbah, karena ini termasuk bagian dari Kakbah."

Baca juga: Sejarah Surat Al Fil, Pasukan Gajah Raja Abrahah Gagal Menghancurkan Kakbah 

Soeharto, keluarga, dan rombongan sholat di Masjidil Haram. (Foto: Tututsoeharto.id)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini