Share

Tokoh Muslim Dunia: Al Zahrawi sang Bapak Operasi Bedah Asal Kordoba

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 614 2483667 tokoh-muslim-dunia-al-zahrawi-sang-bapak-operasi-bedah-asal-kordoba-nFyjPIgR8W.jpg Tokoh Muslim dunia Al Zahrawi penemu operasi bedah. (Foto: YouTube)
A A A

TOKOH Muslim dunia saat ini membahas sosok Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi atau Al Zahrawi. Di dunia Barat, ia lebih dikenal sebagai Abulcasis. Al Zahrawi adalah pakar di bidang kedokteran pada masa Islam abad pertengahan. Karya terkenalnya adalah 'Al Tasrif', buku kumpulan praktik kedokteran yang terdiri dari 30 jilid.

Al Zahrawi lahir pada tahun 936 masehi di dekat Kordoba, Spanyol. Ia wafat pada tahun 1013M. Al Zahrawi merupakan tokoh ilmuwan Muslim yang berjasa karena menjabarkan lebih dari 200 peralatan bedah.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Berke Khan sang Penakluk Jenderal Penindas dari Mongol 

Dikutip dari buku '1001 Penemuan dan Fakta Memersona Peradaban Muslim', terungkap bahwa Al Zahrawi menulis 30 jilid ensiklopedia tentang pembedahan dan pengobatan. Tidak hanya itu, dia juga merintis penggunaan benang jahit bedah untuk menjahit organ dalam tubuh.

Dalam berbagai sumber dijelaskan Al Zahrawi menulis 'Al Tasrif', buku kumpulan praktik kedokteran. 'Al Tasrif' berisi berbagai topik mengenai kedokteran, termasuk tentang gigi dan kelahiran anak.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Biruni Ilmuwan yang Membuktikan Bumi Berbentuk Bulat 

'Al Tasrif' diterjemahkan ke bahasa Latin oleh Gerardo dari Cremona pada abad 12. Lalu selama 5 abad Eropa Pertengahan, buku tersebut menjadi sumber utama dalam pengetahuan bidang kedokteran di Eropa.

Dalam kitab yang diwariskannya bagi peradaban dunia itu, Al Zahrawi secara rinci dan lugas mengupas tentang ilmu bedah, orthopedi, opththalmologi, farmakologi, serta ilmu kedokteran secara umum.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia juga mengupas tentang kosmetika. Al Zahrawi juga berjasa dalam bidang kosmetika atas penemuan beberapa produk kosmetika seperti deodoran, hand lotion, pewarna rambut yang berkembang hingga kini.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Haitham sang Penemu Optik 

Dalam menjalankan praktik kedokterannya, Al Zahrawi memperhatikan pentingnya observasi tertutup dalam kasus-kasus individual. Hal ini dilakukan agar diagnosis akurat serta pelayanan yang terbaik.

Al Zahrawi pun selalu mengingatkan agar para dokter untuk berpegang pada norma dan kode etik kedokteran, yakni tidak menggunakan profesi dokter hanya untuk meraup keuntungan materi.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ismail al Jazari Perancang Pompa Air Cikal-bakal Robotika Modern 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini