Share

Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Khaldun Sejarawan Terkemuka Penulis Kitab Muqaddimah

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 614 2484281 tokoh-muslim-dunia-ibnu-khaldun-sejarawan-terkemuka-penulis-kitab-muqaddimah-oDhdfUqHuV.jpg Patung Ibnu Khaldun sang sejarawan terkemuka penulis kitab Muqaddimah. (Foto: Shutterstock)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas soso Ibnu Khaldun. Ia memiliki nama lengkap Abdurahman bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Al Hasan bin Jabir bin Muhammad bin Ibrahim bin Abdurahman bin Ibn Khaldun.

Sebagaimana dilansir laman Britannica, Ibnu Khaldun adalah seorang sejarawan Muslim yang berasal dari Tunisia. Dia sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, dan ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah kitab 'Muqaddimah'.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Zahrawi sang Bapak Operasi Bedah Asal Kordoba 

Ibnu Khaldun.

Kitab 'Muqaddimah' karya Ibnu Khaldun tersebut hingga kini kerap menjadi sumber referensi dari ilmu filsafat, sejarah, sosial, demografi, histografi, hingga sejarah budaya.

Ibnu Khaldun dilahirkan pada tanggal 1 Ramadhan 732 Hijriah/27 Mei 1332 Masehi di Kota Tunis, Tunisia. Ia pun dikenal sebagai ilmuwan terbesar di tanah Arab. Sepanjang hidup, Ibnu Khaldun telah berkelana ke berbagai negara seperti Maroko, Spanyol, Afika Selatan, dan Mesir.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Berke Khan sang Penakluk Jenderal Penindas dari Mongol 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ibnu Khaldun sempat dicurigai sebagai partisipan dalam pemberontakan yang kemudian dijebloskan ke penjara. Setelah dua tahun, dia kemudian dibebaskan.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Biruni Ilmuwan yang Membuktikan Bumi Berbentuk Bulat 

Karyanya yang terkenal yakni kitab 'Muqaddimah' yang disusunnya selama berada di Aljazair selama empat tahun. Ibnu Khaldun mempelajari sejarah universal dan memberikan metode historis untuk memberikan kriteria dalam menentukan kebenaran sejarah.

Ia kemudian wafat pada tanggal 17 Maret 1406 dengan meninggalkan karya lainnya seperti kitab 'Arab Philosophy of History', 'Lubabu I Muhassal', dan 'Yaman: Early Mediaeval History'.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Haitham sang Penemu Optik 

Patung Ibnu Khaldun. (Foto: Islamcity)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini