Share

Tokoh Muslim Dunia: Fatima Al Fihri sang Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 614 2484881 tokoh-muslim-dunia-fatima-al-fihri-sang-pendiri-universitas-tertua-di-dunia-OeLw0of5B6.jpg Fatima Al Fihri pendiri universitas tertua di dunia. (Foto: Muslim-Worldview)
A A A

PERNAHKAH Anda mengetahui sosok Fatima Al Fihri? Ia merupakan tokoh muslim pelopor di dunia pendidikan formal. Fatima Al Fihri tercatat sebagai pendiri universitas tertua di dunia.

Fatima Al Fihri adalah orang yang mendirikan Universitas Al Qarawiyyin di Kota Fez, Maroko, dan dianggap sebagai universitas tertua di dunia yang masih beroperasi, mendahului universitas-universitas di Eropa. Demikian menurut UNESCO dan Guiness World Records.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Khaldun Sejarawan Terkemuka Penulis Kitab Muqaddimah 

Universitas Al Qarawiyyin dibangun oleh Fatima Al Fihri pada tahun 254 hijriah atau 859 tahun masehi. Universitas ini bermula dari adanya sebuah masjid yang juga bernama Al Qarawiyyin.

Fatima Al Fihri pendiri universitas tertua di dunia. (Foto: Muslim-Worldview)

Fatima Al Fihri lahir pada tahun 800 masehi yang merupakan seorang putri dari Mohammed Bnou Abdullah Al Fihri yang seorang saudagar kaya yang menetap di Fez bersama keluarganya pada masa pemerintahan Raja Idris II.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Zahrawi sang Bapak Operasi Bedah Asal Kordoba 

Semasa hidupnya, Fatima disebut "ibu dari anak laki-laki". "Julukan ini mungkin berasal dari amalnya dan fakta bahwa dia mengambil siswa dari kalangan bawah," ungkap sejarawan Mohammed Yasser Hilali, seperti dikutip dari laman DW, Selasa (12/10/2021).

Sebelum terbentuk universitas yang diakui dunia pada saat sekarang, Al Qarawiyyin berawal dari sebuah masjid di Fez. Pembangunan ini atas dasar kebutuhan komunitas Muslim yang anggotanya dalam jumlah cukup besar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dari abad ke-10 masjid terkenal Al Qarawiyyin menjadi lembaga keagamaan pertama dan universitas Arab terbesar di Afrika Utara.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Berke Khan sang Penakluk Jenderal Penindas dari Mongol 

Jasa yang begitu besar pada bidang keagamaan dan pendidikan membuat Fatima Al Fihri sangat dihormati di Fez. Pada 2017, sebuah hadiah di Tunisia diberikan untuk menghormatinya. Penghargaan ini untuk mendorong akses kepelatihan serta tanggung jawab profesional kepada perempuan.

Selanjutnya, program akademik dan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dari Eropa dan Afrika Utara memberikan penghormatan kepada Fatima Al Fihri.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Biruni Ilmuwan yang Membuktikan Bumi Berbentuk Bulat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini