Share

Umrah Diizinkan, AMPHURI Harap Jamaah Tak Perlu Karantina dan Vaksin Ulang

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 614 2484907 umrah-diizinkan-amphuri-harap-jamaah-tak-perlu-dikarantina-dan-divaksin-ulang-qb1pcJEblt.jpg Ilustrasi ibadah umrah di tengah pandemi covid-19. (Foto: Reuters)
A A A

BENDAHARA Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Tauhid Hamdi mengatakan bersyukur akhirnya Kerajaan Arab Saudi mengizinkan umrah untuk jamaah Tanah Air. Ia pun berharap nantinya tidak ada kebijakan yang memberatkan jamaah umrah.

"Mudah-mudahan tidak ada kebijakan yang memberatkan jamaah umrah. Misalnya, Vaksin Sinovac sudah dua kali maka tidak perlu diberikan Vaksin Pfizer dan tidak perlu adanya karantina lagi untuk jamaah umrah, baik di Arab Saudi maupun di Tanah Air," ungkapnya ketika dihubungi MNC Portal, Senin 11 Oktober 2021.

Baca juga: Indonesia Dapat Izin Umrah, AMPHURI: Jamaah yang Sudah Antre Diberangkatkan Lebih Dulu 

Tauhid melanjutkan, perizinan ini baru nota diplomat Kedutaan Besar Arab Saudi. Kemudian nantinya lebih diperjelas terkait perizinan kembali pelaksanaan umrah bagi calon jamaah dari Indonesia.

Ilustrasi jamaah umrah di Tanah Suci. (Foto: Reuters)

Selanjutnya, tambah dia, nantinya calon jamaah umrah yang akan lebih dulu diberangkatkan adalah mereka yang sudah mendaftar dan mengantre sejak awal.

Kemudian terkait kebijakan lainnya, seperti vaksinasi dan sebagainya, pihaknya akan mengikuti standar serta peraturan Kerajaan Arab Saudi.

Baca juga: Cerita Wanita Cantik Asal Amerika Jadi Mualaf Usai Menulis tentang Islam 

Tidak lupa, Tauhid memberi apresiasi kepada Kementerian Luar Negeri yang berhasil mendapatkan lagi izin umrah untuk jamaah Indonesia dari Kerajaan Arab Saudi.

"Kita mengapresiasi sekali kepada Menteri Luar Negeri telah menginisiasi pertemuan dengan Pemerintah Saudi Arabia di New York oleh Bu Retno. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Luar Negeri Indonesia untuk pelaksanaan umrah ke depannya," kata Tauhid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya Menlu Retno Marsudi telah menyampaikan kabar baik tersebut soal keputusan Pemerintah Arab Saudi yang kembali mengizinkan umrah untuk jamaah Indonesia. Retno menjelaskan, izin umrah diberikan sejalan dengan perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia yang makin baik.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," jelas Menlu Retno dalam konferensi pers secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga: 32 Tahun Jadi Pemuka Agama, Wanita Inggris Ini Dapat Hidayah dan Masuk Islam 

Ilustrasi jamaah umrah di Tanah Suci. (Foto: Reuters)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini