Share

Alquran dan Sains: Nyamuk Tanda Kebesaran Allah Ta'ala, Miliki Zat Pembius hingga 6 Belalai

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 614 2485072 alquran-dan-sains-nyamuk-tanda-kebesaran-allah-ta-ala-miliki-zat-pembius-hingga-6-belalai-slihkgLTJ8.jpg Alquran dan sains mengungkap fakta-fakta nyamuk yang menjadi tanda kebesaran Allah Ta'ala. (Foto: Erop Kameneb/Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap fakta-fakta hewan serangga nyamuk. Ini sekaligus menjadi bukti kebesaran kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala. Nyamuk merupakan hewan serangga kecil pengisap darah yang memiliki banyak keistimewaan yang diberikan oleh Allah Ta'ala.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: 'Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?' Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik." (QS Al Baqarah: 26)

Meskipun hanya memiliki berat 2 hingga 5 miligram, nyamuk mampu memberikan dampak yang besar terhadap kesehatan manusia. Berikut ini fakta-fakta keberadaan hewan serangga nyamuk, sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram @ilmubisnis.co, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Alquran dan Sains, Ini Alasan Babi Haram Dimakan Umat Islam 

Ilustrasi nyamuk. (Foto: Shutterstock)

1. Hewan dengan jumlah 100 mata

Hewan kecil ini jika dilihat menggunakan alat mikroskop maka akan tertampak mata yang sangat luar biasa banyak, yakni mencapai 100 mata. Bahkan, gigi nyamuk juga berjumlah 47 unit.

2. Punya zat pembius untuk mangsanya

Siapa sangka, nyamuk memiliki zat pembius sementara untuk mangsanya, terutama manusia. Sehingga ketika nyamuk hinggap dan menggigit, tidak langsung terasa pada kulit. Zat pembius ini bersifat sementara, jadi beberapa saat kemudian baru merasakan gigitannya. Zat pembius ini juga bisa jadi penyebab bentol pada kulit.

Baca juga: Benarkah Ada Kehidupan di Luar Angkasa? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Memiliki enam belalai

Nyamuk diketahui juga memiliki belalai layaknya gajah. Berbeda dengan gajah, empat belalai nyamuk berfungsi sebagai pisau, dan dua lainnya untuk mengisap darah mangsanya.

Baca juga: Terungkap! Ini Awal Mula Terbentuknya Samudera Menurut Alquran dan Sains 

4. Memiliki cakar

Nyamuk juga memiliki cakar pada kakinya. Cakar ini berfungsi berpijak dan mencengkeram sehingga tidak mudah jatuh ketika sedang mengisap darah pada kulit ataupun pada bidang yang licin.

Meskipun kecil, nyamuk diberikan kekuasaan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala agar memiliki alat untuk bertahan hidup serta mencari makan dengan caranya sendiri.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Benarkah Laut Bergerak Dinamis? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini