Share

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan, Jangkauan Kerja Luas!

Tentya Noerani Dewi Richyadie, · Kamis 14 Oktober 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 623 2485055 prospek-kerja-ekonomi-pembangunan-jangkauan-kerja-luas-VTic6VszlB.jpg Prospek kerja ekonomi pembangunan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Prospek kerja ekonomi pembangunan cukup luas, potensi gaji tinggi. Bukan hanya menjadi seorang ekonom, jurusan ekonomi pembangunan memiliki jangkauan kerja yang cukup luas dan cukup banyak.

Jurusan ekonomi pembangunan mendalami isu pembangunan mulai dari industri, bisnis, keuangan, hingga perbankan. Maka, tidak perlu ragu lagi jika ingin mengambil jurusan ekonomi pembangunan.

Berikut beberapa prospek kerja ekonomi pembangunan yang dapat membuat semakin yakin dengan jurusaan ini.


Baca juga: Jurusan-Jurusan UGM yang Sepi Peminat, Apa Saja?


Baca juga: Did You Know: Ini Orang yang Selamat dari Cedera Otak Paling Fenomenal

1. Business Analyst

Profesi Business Analyst bukan hanya milik lulusan manajemen, tapi merupakan salah satu Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan. Bertugas untuk melakukan beberapa analisis, terutama pada perilaku konsumen dalam membeli barang.

Hasil dari analisis ini nantinya digunakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas perusahaan. Beberapa tahapan yang dilakukan saat bekerja menjadi Business Analyst , yaitu inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan pembuatan laporan. Gaji yang ditawarkan antara Rp4-12 juta per bulan.

2. Menjadi Staf Pengembangan dan Penelitian

Jika memiliki tertarikan dengan pekerjaan mengenai penelitian, maka profesi ini cocok untuk dipilih. Tugas sebagai Staf Pengembangan dan Penelitian adalah meningkatkan kualitas perusahaan dengan dana yang perusahaan berikan.

Jadi, yang dilakukan Staf Pengembangan dan Penelitian adalah melakukan serangkaian pengembangan demi kemajuan perusahaan. Perusahaan akan berani membayar dengan gaji yang cukup tinggi. Untuk fresh graduate biasanya digaji antara Rp 5-6 juta per bulan.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Bagi yang ingin bekerja di instansi pemerintah, bisa untuk melirik jurusan ekonomi pembangunan. Pasalnya, kesempatan untuk berkarier di instansi pemerintah sangat terbuka lebar. Dengan ruang lingkup pekerjaan mengenai pembuatan perencanaan terbaik untuk mengimplementasikan pembangunan secara nasional.

Kesempatan yang akan didapatkan adalah membuat kebijakan dan melakukan analisis terkait pertumbuhan ekonomi. Hal yang tak kalah menarik dari profesi ini adalah masa depan yang cerah. Gajinya didapat sekitar Rp3-6 juta per bulan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Dosen

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan juga tak lepas dari bidang pendidikan. Menjadi seorang dosen setelah menyelesaikan kuliah bisa menjadi salah satu Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan.

Sampai saat ini profesi sebagai dosen masih banyak diminati, semakin banyaknya perguruan tinggi menjadi pengaruh profesi dosen banyak dicari.

5. Pegawai Bank

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan juga bisa mendaftar menjadi salah satu pegawai bank, baik Bank milik pemerintah ataupun Bank swasta. Beberapa lowongan kerja pegawai bank yang sering dibuka adalah account officer, funding officer, auditor, broker saham, dan sales di lembaga keuangan.

Untuk besar gajinya kisaran 4-7 juta per bulan bagi fresh graduate ditambah sejumlah bonus lainnya.

7. Appraiser (Juru Taksir)

Menjadi seorang Appraiser bertugas sebagai penaksir harga barang dan menganalisis penjualan, melakukan perhitungan, strukturisasi, dan studi pasar secara berkala. Tujuannya agar harga yang ditetapkan sesuai dengan nilai pasar.

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan yang satu ini memiliki besaran gaji kisaran Rp5-7 juta per bulan. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini