Share

5 Adab Keluar Rumah ala Aa Gym, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 616 2485928 5-adab-keluar-rumah-ala-aa-gym-nomor-2-belum-banyak-yang-tahu-LraCs04rYN.png Aa Gym membagikan adab-adab Muslimin ketika keluar rumah. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)
A A A

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengatakan sebelum memulai aktivitas di luar rumah, umat Islam dianjurkan membaca doa. Tidak hanya itu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga mengajarkan adab-adab keluar rumah.

Langsung saja, berikut adab-adab keluar rumah yang telah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ajarkan, seperti dikutip dari tayangan video tausiyah Aa Gym di kanal YouTube-nya Aa Gym Daily Vlog, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: 3 Tips Membentuk Akhlakul Karimah, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

1. Niat

Adab keluar rumah yang pertama adalah pastikan niatnya. Niat merupakan kunci. Berniatlah keluar rumah untuk mencari ridho Allah Subhanahu wa ta'ala, menjemput rezeki, serta mencari ilmu.

"Pokoknya niat harus betul-betul mengawali keberangkatan kita dari rumah karena niat seperti nyawa dan amal seperti tubuh ini. Salah niat maka tidak bisa jadi amal," terang Aa Gym.

Ilustrasi aktivitas keluar rumah. (Foto: Fotorech/Pixabay)

Baca juga: 5 Cara Ketahui Orang Jujur atau Pendusta, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

2. Sholat sunah dua rakaat

Adab keluar rumah yang kedua adalah usahakan lakukan sholat sunah 2 rakaat sebelum keluar dari rumah. Sholat sunah boleh sholat dhuha, sholat tobat, atau sholat sunah lainnya. Ketika sholat, tubuh akan dalam keadaan berwudu dan itu bagus untuk setiap Muslim. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Jika engkau keluar dari rumahmu maka lakukan sholat dua rakaat yang dengan ini ia akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu maka lakukan sholat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah." (HR Al Bazzar)

Baca juga: Jangan Sampai Bangkrut di Akhirat Kelak, Yuk Ikuti Tips dari Aa Gym Ini 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Melangkah dengan kaki kanan

Ketika keluar rumah jangan lupa melangkah dengan kaki kanan. Ini merupakan sunah, karena Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam selalu mengawali kebaikan dengan kaki kanan. Dari Aisyah Radhiyallahu Anha, beliau berkata:

"Nabi Shallallahu alaihi wasallam menyukai memulai dari sebelah kanan saat mengenakan sandal menyisir rambut bersuci dan dalam semua urusannya." (HR Bukhari)

Baca juga: Aa Gym Ungkap Adab Muslim Terhadap Hewan, Bisa Mendatangkan Kasih Sayang Allah Ta'ala 

4. Membaca doa

Adab keluar rumah yang selanjutnya adalah membaca doa. Doa ini sangatlah pendek, mudah diucapkan, namun memiliki keistimewaan yang besar. Hanya dengan membaca doa ini, Muslimin bisa mendapat jaminan keamanan, perlindungan, dan kecukupan dari Allah Subhanahu wa ta'ala saat keluar rumah.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, Tawakkaltu ’Ala Allah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan keutamaan doa ini:

"Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa ini, maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi'." (HR Abu Dawud Nomor 5095; Turmudzi 3426; dinilai shahih oleh Al Albani)

Baca juga: Aa Gym Bagikan Amalan agar Urusan Rezeki, Jodoh, Anak Jadi Lancar 

5. Zikir

Adab keluar rumah yang kelima adalah perbanyak berzikir. Zikir yang dimaksud bisa apa saja, mulai dari membaca istighfar 3 kali (Astagfirullahaladzim), tasbih 33 kali (Subhanallah), tahmid 33 kali (Alhamdulillah), takbir 33 kali (Allahu Akbar), dan lainnya.

Hal yang terpenting, teruslah menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala dalam perjalanan, maka niscaya Allah Ta'ala akan selalu meridhoi dan melindungi.

"Jikalau kita berangkat keluar dari rumah dengan niat dan amal yang dicontohkan Rasulullah. Insya Allah, Allah yang menguasai segala-galanya akan memudahkan mencukupi dan melindungi," pungkas Aa Gym.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Aa Gym: Tidur Usai Sholat Subuh Salah Satu Penghambat Rezeki 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini