Share

Modal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik 40 Tahun, Mirip-Mirip MRT

Suparjo Ramalan , iNews · Kamis 14 Oktober 2021 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 320 2486506 modal-kereta-cepat-jakarta-bandung-balik-40-tahun-mirip-mirip-mrt-aS12lVr7fQ.jpg Modal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik 40 Tahun. (Foto: Okezone.com/KCIC)
A A A

JAKARTA - Kementerian BUMN menghitung pengembalian modal proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diperkirakan 40 tahun. Perkiraan ini merupakan perhitungan konservatif Kementerian BUMN dengan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, berdasarkan hitungan kasar pengembalian modal KCJB akan sama seperti Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

"Secara konservatif, hitungan kita tetap payback period untuk equity-nya itu, ini ya 40-an tahun. Tapi kita belum tahu ya, ini hitungannya hanya kasar masih. Ini kan mirip-mirip dengan MRT," ujar Arya kepada Wartawan, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pakai APBN, Begini Reaksi KCIC

Pernyataan arya tersebut sekaligus merespon kritikan yang disampaikan ekonom senior asal Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri bahwa KCJB sebagai mega proyek di sektor transportasi yang tak akan balik modal. Bahkan, pengerjaan proyek strategi nasional (PSN) itu hanya membuang banyak anggaran negara saja.

Meski demikian, Arya membantah tuduhan tersebut. Dia menilai pernyataan Faisal adalah subjektif. Pasalnya, tidak didasarkan pada analisis yang memadai sehingga tidak memiliki angka-angka pasti.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Bengkaknya Biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menurutnya, hampir seluruh negara melihat investasi dalam proyek kereta api (railway) bersifat jangka panjang dan bukan jangka pendek. Khususnya, negara-negara dengan tingkat investasi yang cukup rendah. Hitungan tersebut sama dengan investasi di MRT.

"Dan hampir semua di seluruh dunia namanya railway, investasi di kereta api, kereta seperti itu pasti panjang, nggak mungkin pendek. Dan ini umum seperti itu. Hampir semua negara yang low investasi untuk perusahaan khususnya untuk usaha kereta cepat seperti, MRT, ya segitu. Begitu dia bisa kembali balik modal dan lainnya," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Karena itu, Kata Arya, pernyataan bahwa proyek KCJB tidak akan balik modal adalah pernyataan konyol.

"Coba aja cek deh di MRT, berapa tahun? Mirip-mirip, nggak jauh nanti dari situ 40-an tahun juga. Jadi, kalo dikatakan sampai kapanpun akan rugi, itu konyol, Itu faisal Basri sangat-sangat konyol," ungkap dia.

Di lain sisi, pemegang saham juga menegaskan belum ada angka pasti perihal pembengkakan biaya atau cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Saat ini, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tengah melakukan audit atas perkara cost overrun tersebut.

Padahal, manajemen PT Kereta Api (Persero) sudah membeberkan pembengkakan KCJB mencapai USD3,8 miliar- USD4,9 miliar atau setara Rp 54 triliun- Rp 69 triliun.

"Ini perlu saya sampaikan bahwa memang kita masih menghitung. Tunggu dulu nih. Cost overrun itu muncul berapa angka yang sebenarnya. Setelah diaudit oleh BPKP baru kita bisa tahu angka yang sebenarnya," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini