Share

Bolehkah Baca Surah Al Kahfi Dicicil? Ini Jawaban Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 330 2486245 bolehkah-baca-surah-al-kahfi-dicicil-ini-jawaban-ustadz-syafiq-riza-basalamah-gnqmnk0cXJ.jpg Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA menjawab pertanyaan baca Surah Al Kahfi Dicicil. (Foto: YouTube Syafiq Riza Basalamah Official)
A A A

SURAH Al Kahfi disunahkan dibaca setiap malam Jumat hingga hari Jumat sore keesokannya. Ada keutamaan besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala untuk kaum Muslimin yang mengerjakannya. Tapi, bolehkah membaca Surah Al Kahfi dicicil? Simak jawabannya dari Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA berikut ini.

Baca juga: Malam Jumat Buka Alquran Digital Okezone, Waktunya Baca Surah Al Kahfi 

Ustadz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat: Baca Surah Al Kahfi hingga Perbanyak Salawat 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian berdasarkan Fatawa Syabakah Islamiyyah Nomor 135507 bahwa redaksi hadis-hadis tentang anjuran membaca Surah Al Kahfi tidak menunjukkan harus dibaca rampung sekali duduk.

"Boleh dicicil, asalkan selama masih di hari Jumat, maka insya Allah ia telah menunaikan perintah di hadis itu. Karena yang dituju adalah membaca seluruh Surah Al Kahfi di hari yang telah dikhususkan tersebut. Bahkan kalau seorang membacanya dalam sholat juga boleh," jelas Ustadz Syafiq, seperti dikutip dari akun Instagram-nya @syafiqrizabasalamah.

Baca juga: 4 Dalil Sahih Keutamaan Baca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat Berkah 

Kemudian jika tidak rampung membaca di hari itu, apakah mendapat keutamaan seperti hadis tersebut?

"Wallahu a'lam, berdasarkan keterangan dari teks (zhohir) hadis, keutamaan di atas hanya didapat oleh mereka yang dapat membaca Surah Al Kahfi dengan sempurna. Karena tidak dinamakan membaca surah kecuali bila seorang membacanya secara utuh," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jumat Berkah saatnya Baca Surah Al Kahfi, Makin Mudah dengan Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini