Share

Menteri Basuki Putar Otak Bangkitkan Properti Indonesia

Iqbal Dwi Purnama , Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 470 2486215 menteri-basuki-putar-otak-bangkitkan-properti-indonesia-6OmYmxeRxV.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Okezone.com/PUPR)
A A A

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono menilai sektor properti menjadi pendorong utama dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebab, sektor ini menyerap banyak tenaga kerja.

"Di mana lebih dari 147 industri ikut serta dalam menggerakan pembangunan perumahan," ujar Menteri Basuki, dalam acara Indonesia Housing Forum secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Geger! 4 Perusahaan Properti China Gagal Bayar Utang di Ambang Kebangkrutan

Maka dari itu, menurut Basuki, diperlukan sebuah terobosan agar pasar perumahan ini dapat kembali meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan intensif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah atau PPN atas properti sebesar 100% untuk rumah dengan harga maksimal Rp2 miliar Rupiah, sebesar Rp50% untuk tipe rumah dengan rentan harga jual Rp2-5 miliar," tuturnya.

Baca Juga: Mengintip Kota Kuno Berusia 500 Tahun Dibangun Pakai Lumpur

Menteri Basuki pun berpesan kepada pengembang perumahan, untuk selalu berkomitmen dalam membangun rumah yang berkualitas, dengan mutu bangunan yang sesuai standar untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Peran Kadin sangat penting dalam menyediakan berbagai infrastruktur perumahan, termasuk dalam skema kerjasama dengan pemerintah dengan badan usaha atau KPBU," tuturnya.

Menurutnya, hal tersbut penting dilakukan untuk mengurangi gap pendanaan APBN dalam mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) program strategis nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini