Share

Begini Kecanggihan dan Spesifikasi Rantis P6-ATAV, Kendaraan Tempur Baru TNI

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 52 2486113 begini-kecanggihan-dan-spesifikasi-rantis-p6-atav-kendaraan-tempur-baru-tni-wXPmEytTUq.jpg Rantis P6-ATAV (Wikipedia)

TNI memiliki kendaraan tempur (ranpur) baru yaitu Rantis P6-ATAV produksi PT Sentra Surya Ekajaya (SSE Defence). Mobil ini dilengkapi sejumlah fitur dan desainnya juga menarik, sehingga cocok dibawa ke segala medan.

Momen peluncuran P6-ATAV dibagikan melalui Channel Youtube TNI AD seperti dikutip, Kamis (14/10/2021), yang menampilkan secara keseluruhan bentuk,desain, tampilan, fitur penunjang mobiliasasi pelatihan para prajurit TNI.

Di dalam video tersebut turut menghadirkan pakar sekaligus youtuber otomotif Om Mobi dengan ciri khas muka bertopeng. TNI bersama dengan youtuber dengan subscriber melebihi 1,1 juta ini membagikan pengalaman dan review mengendarai mobil tempur ringan milik TNI AD ini.

Baca juga: Prabowo Siap Bawa Mobil Komodo Buatan Pindad Mendunia

Mobil kendaraan tempur ringan ini mekanisme dan pola pengendalian mobilnya pasti berbeda dengan mobil konvensional kebanyakan orang. Dalam segi menyalakan mesin saja sudah beda.

Mobil tempur ini dilengkapi oleh tiga tombol terpisah yang terdiri dari power cut off, power switch dan ignition starter yang dimana harus dilakukan secara berurutan. Jika kebalik maka mesin tidak akan menyala.

Untuk dari segi desainnya mobil ini memang tampak basic namun rangka tubularnya membuat mobil ini terlihat gagah dan berkarakter. Tampilan Body mobil berasal dari panel-panel yang keras dan dirancang tanpa pintu dan atap yang bolong .

Baca juga: Mengenal Jajaran Kendaraan Taktis Buatan Indonesia yang Digunakan TNI

Pada tampila depannya menghadirkan lampu utama dan sein yang berbentuk bulat dipadukan dengan besi protektor pada bagian depan lengkap dengan winch.

Tidak ada satupun desain mewah, jahit-jahitan asli serta soft touch pada mobil tempur ini. Hanya ada jok bucket seat sebanyak 5 buah lengkap dengan sabuk pengaman 4 titik. Jok tersebut didistribusikan pada barus depan, tengah dan baris ketiga. Hal ini dikarenakan Atav P6 memang dirancang untuk durabelitas tinggi dan memperahankan unsur ketahanan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Youtuber bertopeng ini juga membagikan rasa berkendara dari mobil ini bahwa kendaraan ini didesain untuk kebutuhan offroad dengan suspensi yang sangat empuk

“Walapun saya berjalan diaspal yang mulus, tapi kami tau bahwa ini mobil empuk sekali. Ini settingan offroad suspensinya” Ucap Om Mobi

Tidak hanya itu saja youtuber yang maniak akan mobil Jeep ini juga menjajal Atav P6 dengan melakukan manuver mendadak untuk merasakan segi pengendalian dari mobil tempur ringan ini.

Ilustrasi

“ Steer kemudinya memang tidak direct dan ada delay sedikit, harus di putar dulu baru itu membantu ya karena memang ini mobil offroad, namun ringan nya pas, ini Mobil offroad tempur yang sempurna hihi” Tambahnya lagi sembari sumringah dalam menjajal kendaraaan tempur milik TNI.

Armada tempur ini juga dilengkapi dengan fitur Gun Shot Detaction yang berfungsi untuk mendeteksi suara tembakan, suara ledakan, sumber arah suara dan nantinya akan dikontrol dan muncul pada panel instrumen yang terletak disebelah kiri penumpang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini