Share

Motor BeAT Mati Mendadak? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 53 2486095 motor-beat-mati-mendadak-jangan-panik-begini-cara-mengatasinya-QRZxYbsQ8S.jpg Honda BeAT (Okezone.com)

HONDA BeAT salah satu motor matic yang banyak digemari banyak masyarakat di Indonesia. Selain harga terjangkau, perawatan mudah, motor ini juga sangat irit di kelasnya.

Tapi, motor matik sewaktu-waktu bisa bermasalah seperti mati mendadak saat dikendarai. Apa yang harus dilakukan kalau sudah begini?

Baca juga: Skuter Matik Honda Vario & BeAT Paling Laris di Luar Negeri

Jangan khawatir, berikut cara mengatasi motor beAT mati mendadak :

1. Untuk beAT injeksi

- Periksa swith kabel standar samping yang putus. Motor matic ini dilengkapi oleh sistem pengaman sensor yang membuat mesin tidak mau menyala bila standar samping belum di angkat. Jika kabel switch standar samping putus segera ganti yang baru agar motor dapat menyala

- Periksa tegangan aki motor Anda. Biasanya terjadi karena terdapat arus listrik yang drop.

- Bersihkan komponen seperti busi,filter udara, throttle body jika sebelum motor mati mendadak timbul gejala brebet pada motor. Itu terjadi akibat terjadi penumbatan akibat kotoran yang menempel pada sistem kelisrikan dan pembakaran.

- Buka kipas magnet yang terletak berdekatan pada bagian kanan mesin dekat dengan knalpot. Bersihkan secara keseluruhan mulai dari debu, kotoran yang menempel pada area kipas magnet beriku soket penghubungnya, cek sekering.

Baca juga: 5 Mitos dan Sterotipe Seputar Motor Matik yang Berkembang di Indonesia

- Brush starter terjadi keausan, ini dapat terjadi karena umur pakai suatu parts atau komponen. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti komponen brush starter dengan yang baru an original

- Cara mengatasinya bawalah kebengkel terdekat untuk penanganan lebibh lanjut. Hal ini menyangkut pemeriksaan cek langsam putaran gas, mengganti kabel spull, cek kerenggangan dan menyetel klep, cek kerenggangan busi atau yang berat bila mesin jebol atau mengganti dan memperbaiki ACG (Alernating Current Generator)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Untuk BeAT karburator

- Motor berumur kerap terjadi kerusakan pada area sistem kelistirkan dan pengapian. Maka dari itu Periksa seluruh sistem pengapian yang meliputi busi, koil, spull, CDI dll. Jika terdapat konsleting maupun rusak segera ganti dengan yang baru

- Karet vakum pada radiator sudah sobek dan getas . Dalam sistem karburator terdapat karet vakum yang bekerja sebagai masuknya udara yang dialirkan dalam pembakaran. Komponen ini rentan rusak karena terbuat dari karet yang dapat sobek atau getas.

Ilustrasi

- Jika sudah parah kerusakannya maka motor akan menjadi berebet bahkan mati mendadak dan sulit di nyalakan

- Ganti filter udara dengan yang baru, umumnya motor beat mengalami brebet bahkan mati mendadak dikarenakan suplai angin untuk mesin terhampat kotoran yang menumpuk pada fiter udara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini