Share

Tokoh Muslim Dunia: Al Idrisi Ahli Geografi Pembuat Peta Dunia Pertama

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 614 2486037 tokoh-muslim-dunia-al-idrisi-ahli-geografi-pembuat-peta-dunia-pertama-mPdGg06AT3.jpg Tokoh Muslim dunia Muhammad Al Idrisi sang pembuat peta dunia pertama. (Foto: Thefamouspeople)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini lebih mengenal sosok Muhammad Al Idrisi. Ia memiliki nama lengkap Abu Abdullah Muhammad al Idrisi al Qurtubi al Hasani al Sabti atau lebih dikenal Al Idrisi. Ia adalah ahli geografi dan pencipta peta dunia pertama.

Al Idrisi merupakan ilmuwan muslim yang lahir pada tahun 1100 Masehi. Ia lahir di kota Afrika Utara Ceuta (Sabtah) yang termasuk bagian Kekaisaran Murabitun dan wafat di Sisilia pada tahun 1160M. Demikian sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Farabi sang Guru Kedua Filsafat Sekaligus Ilmuwan Teknologi 

Peta dunia Tabula Rogeriana yang dibuat Muhammad Al Idrisi pada tahun 1154M. (Foto: Wikimedia)

Ia merupakan keturunan para penguasa Idrisiyyah di Maroko yang merupakan keturunan Hasan bin Ali, putra Ali dan cucu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Al Idrisi memadukan pengetahuan dari Afrika, Samudera Hindia, dan Timur yang dikumpulkan para penjelajah serta pedagang Islam dalam bentuk peta Islam. Ia membuat peta paling akurat di dunia pada masa pramodern.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Fatima Al Fihri sang Pendiri Universitas Tertua di Dunia 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Peta Tabula Rogeriana yang dibuat oleh Al Idrisi pada tahun 1154M untuk Raja Normandia Roger II dari Sisilia. Peta tersebut menampilkan daratan Eurasia secara keseluruhan dan sebagian kecil bagian utara benua Afrika dengan sedikit detail pada Tanduk Afrika dan Asia Tenggara.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Khaldun Sejarawan Terkemuka Penulis Kitab Muqaddimah 

Al Idrisi menginspirasi pakar geografi Islam seperti Ibnu Batutah, Ibnu Khaldun, Piri Reis, dan Barbary Corsairs. Petanya juga menginspirasi Christopher Columbus dan Vasco Da Gama.

Peta yang dibuat Al Idrisi merupakan peta detail serta mengesankan yang pernah dikenal dalam ilmu geografi dan seni menggambar peta (cartography) pada masanya. Peta Al idrisi dilandaskan pengetahuan yang solid akan bentuk Planet Bumi yang bulat.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Zahrawi sang Bapak Operasi Bedah Asal Kordoba 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini