Share

Jumat Berkah, Buka Alquran Digital Okezone dan Baca Surah Al Kahfi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 616 2486546 jumat-berkah-buka-alquran-digital-okezone-dan-baca-surah-al-kahfi-DEFGq9WZ6t.jpg Ilustrasi hari Jumat berkah membaca Surah Al Kahfi di Alquran Digital Okezone. (Foto: Freepik)
A A A

HARI Jumat berkah saatnya menjalankan sunah-sunah berpahala besar. Contohnya membaca Surah Al Kahfi. Makin mudah jika membacanya di Alquran Digital Okezone. Selain teks Arab, tersedia juga terjemahan latinnya, arti, hingga penjelasan tafsirnya.

Adapun Surah Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Ini merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Surah Al Kahfi berisi 110 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Malam Jumat, Waktunya Baca Surah Al Kahfi di Alquran Digital Okezone 

Sementara keistimewaan hari Jumat yang penuh keberkahan ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad bersabda:

لا تَطْلُعُ الشَّمْسُ وَلا تَغْرُبُ عَلَى يَوْمٍ أَفْضَلَ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: "Tidaklah matahari terbit dan tenggelam pada suatu hari yang lebih utama dari hari Jumat." (HR Ahmad, ‘Abdur Rozaq, Ibnu Hibban, Al Baihaqi. Syekh Al Albani mengatakan dalam kitab Shahih At Targib wa At Tarhib bahwa hadis ini hasan)

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Baca juga: Bolehkah Baca Surah Al Kahfi Dicicil? Ini Jawaban Ustadz Syafiq Riza Basalamah 

Pada hari Jumat juga terdapat beberapa kejadian luar biasa, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut ini. Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: "Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim)

Baca juga: Wanita Ini Dulu Benci Habib Rizieq tapi Sekarang Jadi Mualaf, Terungkap Penyebabnya 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hari Jumat juga adalah hari ied (hari raya) kaum Muslimin setiap pekannya. Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah bertanya kepada Malaikat Jibril, "Hari apa ini?" Jibril pun menjawab:

هَذِهِ الجُمُعَةُ جَعَلَهَا اللهُ عِيْدًا لَكَ وَلِأُمَّتِكَ

Artinya: "Hari ini adalah hari Jumat yang Allah jadikan sebagai ied (hari raya) bagimu dan umatmu." (Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam musnadnya. Hasan)

Baca juga: Umrah Dibuka, Jamaah Dinilai Perlu Diedukasi Ibadah di Masa Pandemi 

Nah, guna mempermudah ibadah di hari Jumat berkah ini, kaum Muslimin bisa mengakses Alquran Digital Okezone. Di dalamnya lengkap berisi 114 surah dari 30 juz Alquran. Tersedia juga terjemahan, artis, hingga tafsir dari setiap ayat Alquran yang dibaca.

Fitur-fitur tersebut tentunya dapat menambah khazanah keilmuan umat Islam Indonesia. Jadi, jangan lupa awali hari Jumat yang penuh keberkahan ini dengan mengakses Alquran Digital Okezone.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Idrisi Ahli Geografi Pembuat Peta Dunia Pertama 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini