Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stabilkan Harga, Ribuan Ton Telur dari Peternak Akan Diserap BUMN Klaster Pangan

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 620 2486460 stabilkan-harga-ribuan-ton-telur-dari-peternak-akan-diserap-bumn-klaster-pangan-yQV3PBgFeO.jpg Stabilkan Harga, Ribuan Ton Telur Diserap (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - PT Berdikari (Persero) menjalankan amanat pemerintah untuk membantu peningkatan harga telur dari peternak, serta menjaga keterjangkauan harga telur bagi masyarakat.

Dengan sinergi strategis antara Kemenko Perekonomian RI, PT RNI (Persero) sebagai koordinator BUMN Klaster Pangan dan tidak kurang dari 65 institusi negara mulai dari kementerian koordinator, kementerian, badan, lembaga, hingga komisi dan pemprov, Berdikari siap menyerap ribuan ton telur ayam ras dari peternak ayam mandiri (UMKM).

Penyerapan telur yang telah berlangsung akan dilaksanakan secara bertahap sebagai langkah taktis dalam rangka mendongkrak harga pembelian di tingkat peternak agar sesuai dengan Harga Acuan Pembelian (HAP).

Baca Juga: Harga Telur Anjlok, Peternak Ayam Putar Otak agar Tak Bangkrut

Seluruh pihak terkait diimbau untuk dapat menyerap telur dari peternak melalui Berdikari untuk dapat berpartisipasi dalam gerakan solidaritas ini.

"Penyerapan telur yang masif ini dilaksanakan secara bertahap dari peternak rakyat. Dengan sinergi seluruh pihak menyerap telur melalui Berdikari, kami yakin HAP dapat tercapai,” ungkap Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Dia mengatakan, bahwa upaya yang dilakukan Berdikari adalah untuk membantu pemerintah menuntaskan berbagai isu pangan demi ekosistem pangan nasional yang madani, termasuk masalah kestabilan harga.

Oleh karena itu, Berdikari tidak henti menata diri, bersinergi dengan BUMN Klaster Pangan yang dikoordinir oleh RNI, demi mendukung berjalannya langkah strategis pemerintah untuk stabilisasi pasokan, harga, dan sistem distribusi pangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain melakukan penyerapan telur dari peternak, Berdikari juga menyalurkan melalui mekanisme penjualan langsung kepada seluruh intitusi negara yang berpartisipasi, serta bantuan sosial melalui program bantuan makanan protein Berdikari dalam waktu dekat.

Perlu diketahui, telah terdapat setidaknya 4 langkah strategis dari pemerintah dalam menghadapi gejolak harga telur ayam ras belakangan ini.

Mulai dari penyerapan dan distribusi telur, peningkatan produktivitas Jagung, pengelolaan pascapanen, hingga membuka akses pasar. Selain itu juga pemerintah juga tengah mendorong industri pengolahan telur dan korporasi peternak.

Dengan industrialisasi produk turunan dan perubahan pola kerja peternak tradisional kearah yang lebih modern, diharapkan ekosistem pangan nasional yang kohesif dari hulu ke hilir dapat tercapai dengan efisien dan efektif serta memberikan dampak positif yang maksimal bagi peternak serta masyarakat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini