Share

Hebatnya Leo/Daniel, Pasangan yang Berhasil Kawinkan Gelar Juara Piala Suhandinata 2019 dan Piala Thomas 2020

Rio Erfandi, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 40 2487997 hebatnya-leo-daniel-pasangan-yang-berhasil-kawinkan-gelar-juara-piala-suhandinata-2019-dan-piala-thomas-2020-PgK2MJJmwH.jpg Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. (Foto: PBSI)
A A A

AARHUS – Ganda putra andalan baru Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, menjadi salah satu pasangan yang ikut membantu Tim Merah Putih menjuarai Piala Thomas 2020. Dengan begitu kini Leo/Daniel berhasil mengawinkan dua turnamen beregu, yakni pIala Suhandinata 2019 dan Piala Thomas 2020.

Catatan ini pun terbilang impresif karena hanya dalam waktu cukup singkat, Leo/Daniel sukses membawa titel-titel bergengsi pulang ke Tanah Air.

Seperti diketahui, Leo/Daniel merupakan pasangan termuda yang dibawa Tim Merah Putih pada ajang Piala Thomas 2020. Mereka melengkapi pasangan senior seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Leo/Daniel sendiri melakoni debut pertamanya di Piala Thomas 2020 saat melawan Aljazair pada penyisihan grup. Bahkan saat melawan Taiwan, Daniel sempat dipasangkan dengan Mohammad Ahsan di Grup A penyisihan Piala Thomas 2020.

Baca Juga: Jonatan Christie, Satu-satunya Pebulu Tangkis Indonesia yang Turun di Semua Laga Piala Thomas 2020

Leo Rolly/Daniel Marthin

Namun, pada laga tersebut Daniel/Ahsan harus mengakui keunggulan pasangan Lu Ching Yao/Yang Po Han lewat tiga gim dengan skor 20-22, 21-17, dan 21-23. Namun, di luar catatan itu, Leo dan Daniel sendiri menjadi salah satu pasangan fenomenal yang sukses mengisi jajaran skuad Piala Thomas 2020.

Ini menjadi catatan tersendiri karena Leo/Daniel terbilang pemain yang baru muncul dari level junior dan sukses meraih prestasi besar. Apalagi, Indonesia sudah menantikan gelar Piala Thomas selama 19 tahun.

Tetapi, catatan apik mereka bukan hanya di Piala Thomas 2020. Sebelumnya, pada 2019, Leo/Daniel juga tergabung dalam tim junior Indonesia dan sukses meraih titel Piala Suhandinata. Trofi tersebut merupakan kejuaraan bergengsi beregu campuran di level junior.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meski turnamen tersebut memiliki titel nama dari Indonesia yakni Suharso Suhandinata, tetapi tim junior Merah Putih nyatanya baru merebutnya satu kali. Indonesia mendapatkanya pun pada 2019, di mana kala itu Leo/Daniel juga turut berkontribusi besar.

Saat itu Indonesia berhasil menaklukan perlawanan China di partai final dengan hasil akhir 3-1. Leo/Daniel saat itu diturunkan di nomor ganda putra tetapi, tidak tampil karena bermain di partai kelima. Keduanya tidak tampil karena di partai keempat, Indonesia sudah memastikan diri menjadi juara.

Leo Rolly/Daniel Marthin

Namun begitu, kontribusi Leo/Daniel di tim Indonesia hingga melaju ke final juga sangat besar. Daniel sendiri pada laga final diturunkan di nomor ganda campuran berpasangan dengan Indah Cahya Sari Jamil. Mereka sukses meraih kemenangan atas pasangan Feng Yan Zhe/Lin Fang Lin lewat tiga gim 21-18, 18-21, dan 21-11.

Kemenangan lainnya didapatkan oleh nomor tunggal putri lewat Putri kusuma Wardani. Kemudian disusul oleh ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Putri Syaikah yang akhirnya menjadi penentu kemenangan Indonesia.

Tentunya dengan pencapaian itu banyak pihak berharap Leo/Daniel bisa terus tampil impresif. Pasangan tersebut diharapkan sanggup mengikuti jejak senior-seniornya yang tampil luar biasa di sektor ganda putra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini