Share

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Mungkinkah Pandemi Segera Berakhir?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 09:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : BBC)

PANDEMI Covid-19 yang semakin menurun di Indonesia membuat sejumlah aktivitas mulai kembali berjalan seperti semula. Meski demikian, banyak masyarakat yang bertanya, akankah pandemi Covid-19 segera berakhir? 

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan bahwa situasi Covid-19 yang ada di Indonesia saat ini merupakan gambaran, kemungkinan pandemi akan seperti ini jadi epide

Prediksi Pandemi

Melalui unggahan akun Instagramnya @dr.fajriaddai, Senin (18/10/2021) berdasarkan jurnal badan statistik di Inggris ketika awal pandemi, jumlah pasien yang dirawat inap serta kematian juga meningkat. Namun seiring berjalannya waktu jumlah kematiannya berkurang.

"Mengapa? Karena makin banyak orang yang sakit sehingga ada zero prevalence yang muncul. Selain itu banyak juga masyarakat yang dikebalkan dengan vaksin," kata dr. Fajri.

Baca Juga : Percepat Vaksinasi di Daerah, Menkes: Jangan Pilih-Pilih Jenis Vaksin Covid-19

Alhasil ketika kasus Covid-19 meningkat, maka jumlah masyarakat yang meninggal dan di rawat inap tidak terlalu banyak. Tren positif tersebut akan lebih maksimal lagi, terlebih jika kasusnya tidak meningkat.

"Oleh sebab itu kita harus meningkatkan program vaksinasi Covid-19 agar semakin bermanfaat dan tidak mengalami sakit alami," tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)