Share

5 Tanda Terjebak Toxic Relationship, Segera Kabur jika Mengalami

Intan Afika, Okezone · Senin 18 Oktober 2021 23:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 612 2488198 5-tanda-terjebak-toxic-relationship-segera-kabur-jika-mengalami-IqR6KgZC2A.jpg Pacar cemburu (Foto: New love time)
A A A

SETIAP orang yang menjalin hubungan cinta, selalu mendambakan hubungan yang sehat. Sebab hubungan yang sehat membuat kita jadi lebih baik.

Namun saat pacaran apakah Anda sering direndahkan, diperlakukan tidak adil? Jika jawabannya iya, maka berhati-hatilah.

Mungkin kamu sedang berada dalam toxic relationship. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja sebab bisa berbahaya bagi kesehatan mental dan fisikmu.

dr. Meva Nareza membagikan ciri-ciri toxic relationship yang harus kamu ketahui berikut ini.

 cemburu

1. Terus dicemburui

Sejatinya rasa cemburu dalam sepasang kekasih sebenarnya merupakan reaksi yang normal sebagai salah satu bentuk kepedulian. Namun, hubungan akan menjadi toxic jika rasa cemburu ini berlebihan bahkan membuat pasangan melakukan hal yang ekstrem, seperti menyita handphone dan mengecek handphonemu bahkan melabrak orang yang dicemburui.

Hubungan juga dikatakan toxic saat pasangan sudah terlalu posesif. Dia selalu ingin tahu tentang gerak-gerikmu dan memantau segala kegiatan sehari-harimu. Ia juga marah jika kamu tidak segera menjawab pesan singkatnya.

2. Selalu dikontrol oleh pasangan

Tanda yang paling terlihat jelas dari toxic relationship adalah salah satu pihak selalu mengontrol pihak lainnya. Sebagai contoh, pasanganmu akan memaksakan kehendaknya terhadap hidup yang kamu jalani.

Jadi, apa pun yang kamu lakukan semuanya harus berdasarkan perintah ataupun persetujuan dari dia. Padahal mungkin hal itu tidak sejalan dengan keinginanmu. Selain itu, orang yang toxic juga bisa memberikan silent treatment untuk mengontrol emosi pasangannya.

3. Sulit menjadi diri sendiri

Terlalu sering dikontrol membuat kamu tidak dapat menjadi diri sendiri. Kamu selalu bersikap seperti apa yang dia inginkan, bukan apa yang kamu inginkan. Bahkan, untuk berpendapat saja mungkin kamu akan berpikir seribu kali karena takut salah berbicara.

 

4. Sering dibohongi

Kejujuran merupakan salah satu pondasi untuk membentuk hubungan yang sehat. Jika pasangan kamu sering berbohong dan menutupi banyak hal, itu tandanya kamu sedang berada dalam toxic relationship.

5. Mengalami kekerasan

Selain kekerasan verbal, suatu hubungan dikatakan toxic jika sudah ada kekerasan fisik di dalamnya. Pasangan yang tidak sehat secara emosional sering kali akan memukul dan menendangmu jika terjadi perselisihan dalam hubungan. Apa pun konfliknya, kekerasan fisik tidak bisa dibenarkan.

Keluar dari hubungan ini memang tidak mudah. Namun, ingat bahwa kamu harus mencintai dirimu sendiri dan memikirkan kehidupanmu di masa yang akan datang. Sebesar apa pun rasa sayangmu terhadap dirinya, percayalah bahwa kamu pantas untuk bersama dengan orang yang bisa menghargai, menghormati, dan menyayangimu dengan tulus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini