Share

Pemerintah Negosiasi Intensif agar Jamaah Umrah Indonesia Tidak Perlu Vaksinasi Booster

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 614 2488133 pemerintah-negosiasi-intensif-agar-jamaah-umrah-indonesia-tidak-perlu-vaksinasi-booster-KSXWIlj1US.jpg Ilustrasi jamaah umrah. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

DIREKTUR Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (PHU Kemenag) Hilman Latief mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait perkembangan vaksinasi bagi jamaah umrah. Kemungkinan adanya vaksinasi booster bagi jamaah umrah dan pembukaan akses data sertifikat vaksin.

"Terkait permasalahan vaksinasi booster, saat ini Kemenkes sedang melakukan negosiasi intensif dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi agar vaksinasi Sinovac dapat diterima tanpa menggunakan vaksinasi booster," kata Hilman saat sosialisasi Persiapan Penyelenggaraan Haji 1443H di Jakarta, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Optimis Berangkatkan Haji Tahun 2022, Kemenag Siapkan Skenario 

Sementara saat ini, lanjut dia, kebijakan Kemenkes adalah vaksin booster hanya diberikan kepada para tenaga kesehatan.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Reuters)

Lebih lanjut nantinya dibentuk Tim Manajemen Krisis Haji dan Umrah 1443H. Tim ini terdiri dari perwakilan dari Kemenag, Kemenkes, Kementerian Luar Negeri, serta Kementerian Perhubungan.

Tim tersebut dibentuk dalam rangka menyiapkan rencana, skema, serta solusi bagi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah 1443H.

Baca juga: Umrah Dibuka, Jamaah Dinilai Perlu Diedukasi Ibadah di Masa Pandemi 

Selanjutnya mengirimkan surat edaran ke seluruh Penyelenggara Perjalanan ibadah Umrah (PPIU) untuk melaporkan data terbaru jamaah umrah yang tertunda keberangkatannya dan telah divaksinasi serta siap berangkat.

"Selain itu, update data jamaah yang melakukan pembatalan atau penarikan dana perjalanan ibadah umrah masing-masing PPIU," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini