Share

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat, Dimulai Niat hingga Salam

Hantoro, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 616 2487879 tata-cara-sholat-dhuha-4-rakaat-dimulai-niat-hingga-salam-wxmQuZlSTy.jpg Ilustrasi tata cara sholat dhuha 4 rakaat. (Foto: Shutterstock)
A A A

TATA cara sholat dhuha 4 rakaat banyak dicari kaum Muslimin. Tujuannya agar lebih tepat menjalankan sholat sunah di waktu pagi hari ini. Diketahui bahwa sholat dhuha dikerjakan mulai saat matahari setinggi tombak sampai sebelum zawal atau saat matahari tegak lurus.

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Senin (18/10/2021), ulama empat mazhab sepakat bahwa sholat dhuha hukumnya sunah. Di antara dalilnya adalah hadis Abu Dzar Radhiallahu’anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: "Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat." (HR Muslim Nomor 720)

Baca juga: Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Kini Bisa Rapat Lagi 

Ilustrasi tata cara sholat dhuha 4 rakaat. (Foto: Shutterstock)

Adapun tata cara melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat sama sebagaimana tata cara sholat lainnya. Dikerjakan 2 rakaat dan 2 rakaat dengan salam setiap rakaat kedua.

Berdasarkan hadis dari Abdullah bin Umar Radhiallahu’anhuma, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صلاةُ اللَّيلِ والنَّهارِ مَثنَى مَثنَى

Artinya: "Shalat (sunah) di malam dan siang hari, dua rakaat-dua rakaat." (HR Abu Daud Nomor 1295, An Nasa-i Nomor 1665, disahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Baca juga: Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh Beserta Niat dan Bacaan Surahnya 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut tata cara sholat dhuha yang dimulai dari niat hingga salam:

1. Berniat di dalam hati. Diniatkan mengerjakan sholat sunah dhuha semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana sholat biasa.

3. Membaca doa iftitah, kemudian membaca Surah Al Fatihah, dilanjutkan membaca surah yang lain sesuai keinginan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Qodho Sesuai Tuntunan Rasulullah 

4. Kemudian rukuk.

5. Lalu bangkit dari rukuk (iktidal).

6. Dilanjutkan sujud.

7. Duduk di antara dua sujud.

8. Sujud lagi.

9. Kemudian bangkit dari sujud, lalu mengerjakan rakaat kedua, urutannya sebagaimana rakaat pertama.

10. Diakhiri salam.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 18 Oktober 2021M/11 Rabiul Awal 1443H 

Doa Setelah Sholat Dhuha

Tidak terdapat hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang sahih dan sharih (tegas) mengenai doa setelah Sholat Dhuha. Adapun hadis dari Aisyah Radhiallahu’anha:

صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم الضحى، ثم قال: “اللهم اغفر لي، وتب علي، إنك أنت التواب الرحيم” حتى قالها مائة مرة

Artinya: “Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah Sholat Dhuha, kemudian membaca doa: Allaahummagh firlii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwaabur rahiim (Ya Allah, ampunilah dosaku, dan terimalah taubatku, sungguh Engkau adalah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang). Beliau ucapkan ini 100 kali." (HR Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrad Nomor 219, disahihkan Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrad)

Baca juga: Masjidil Haram Resmi Dibuka untuk Sholat Berjamaah Kapasitas Penuh 

Dalil yang rajih, ini adalah doa setelah sholat secara umum, bukan hanya Sholat Dhuha. Sebab, disebutkan dalam riwayat lainnya secara mutlak:

قال: رَجُلٌ مِن الأنصارِ- إنَّه سَمِعَ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ في صَلاةٍ وهو يقولُ: ربِّ اغفِرْ لي -قال شُعْبةُ: أو قال: اللَّهُمَّ اغفِرْ لي- وتُبْ علَيَّ؛ إنَّك أنتَ التوَّابُ الغَفورُ، مِئَةَ مَرَّةٍ

Artinya: "Seorang lelaki dari kaum Anshar mengatakan bahwa ia pernah mendengar Nabi Shallallahu alaihi wassallam setelah sholat Beliau berdoa: Allaahummagh firlii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwaabur rahiim 100 kali." (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dalam Musnad Ibnu Fudhail, disahihkan Syu’aib Al Arnauth dalam Takhrij Musnad Ahmad Nomor 23150)

Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Viral Orang Gangguan Jiwa Masih Hafal Gerakan Sholat, Netizen Kagum dan Mendoakannya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini