Share

Apakah Long Covid Bisa Bikin Gagal Ereksi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 22:01 WIB
$detail['images_title']
Menderita long covid (Foto: The family handyman)

RUPANYA penyakit long Covid menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami penyintas Covid-19.

Nah, gejala Long Covid ini dapat menyerang berbagai macam organ tubuh selain paru-paru, walaupun seseorang sudah dinyatakan bebas dari Covid-19.

 long covid

Bahkan ada beberapa laporan yang menyebut bahwa Long Covid, bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa ereksi. Lantas apakah hal ini hanyalah mitos atau fakta?

Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan, membenarkan kasus tidak bisa ereksi sebagai salah satu gejala Long Covid. Sebab Long Covid merupakan penyakit sistemik yang artinya menyerang seluruh sistem.

"Jadi kemungkinan bisa, tapi sifatnya sementara. Ini bisa terjadi mungkin karena ada trombosi atau sumbatan-sumbatan, kelainan di pembuluh darah dan lainnya. Tapi umumnya karena kelelahan diikuti batuk, sesak, nyeri tenggorokan," ucap dr. Erlina dalam Podcast di channel YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (21/10/2021).

Lebih lanjut, dr. Erlina mengatakan bahwa gejala Long Covid masalahnya tidak hanya di paru saja, tapi melibatkan banyak organ dan susunan saraf pusat. Gangguan kognitif ini yang membuat seseorang menjadi frustrasi. Selain itu stres juga menjadi salah satu gejala Long Covid.

"Jadi ada orang yang mengalami gangguan kognitif seperti susah tidur, susah berkonsentrasi. Biasanya kalau ingin menyampaikan sesuatu, berpikir dikumpulkan ingatannya jadi amnesia sesaat (banyak lupa). Semuanya gara-gara Long Covid," tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)