Share

Dokter Ingatkan Anak-Anak Wajib Jaga Prokes

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 18:37 WIB
$detail['images_title']
Pandemi Covid-19 (Foto: Pixabay)

RUPANYA pemerintah kembali melakukan sejumlah pelonggaran aktivitas masyarakat, di tengah pandemi khususnya anak-anak berada di wilayah yang sudah mendapatkan vaksinasi berskala besar.

Dokter Umum Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung Jateng Dokter Mecca Lestina Arsy menilai, dengan kasus Covid-19 yang mengalami penurunan, anak-anak lebih leluasa untuk bermain memasuki kawasan-kawasan bermain atau hiburan.

 anak jaga prokes

"Saya setuju, agar (anak-anak) tidak hilang rasa bermain. Tapi kita harus tetap menjaga 5 M," ujarnya saat live Instagram bersama Okezone dan Sindonews, Kamis (21/10/21).

Ia melanjutkan, sebelum memasuki area hiburan anak-anak wajib melakukan serangkaian protokol kesehatan (prokes) yaitu mencuci tangannya lebih dulu. Serta penggunaan masker tetap dilakukan, agar tidak mudah menghirup udara yang dikhawatirkan sebagai media penyebar virus.

Kemudian dr. Mecca bilang, anak-anak di atas dua tahun ke atas sudah bisa diajarkan memakai masker. Sementara untuk dua tahun ke bawah, dapat memakai face shield.

Selain itu dr. Mecca mengingatkan agar anak-anak menjauhi kerumunan. Serta mengurangi mobilitas, sehingga tidak terlalu sering keluar dari rumah.

"Kalau enggak penting-penting banget gak perlu keluar rumah," katanya.

Sementara itu sebelumnya, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa tempat permainan anak di mal akan diperbolehkan dibuka.

Kemudian Luhut meminta agar tempat permainan anak dapat mencatat secara lengkap alamat dan nama orang tua untuk kebutuhan tracing,

“Kami mensyaratkan tempat permainan anak harus mencatat nomor telepon dan alamat orang tua, serta waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing,” ujarnya dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun juga diperbolehkan masuk tempat wisata di level 2. Dimana harus menggunakan Peduli Lindungi dengan didampingi orangtuanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)