Share

Waduh, Wajah dan Handphone Jadi Sarang Virus

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 19:32 WIB
$detail['images_title']
Virus (Foto: Today show)

RUPANYA Dokter Umum Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Temanggung Jawa Tengah dr. Mecca Lestina Arsy mengatakan, ada beberapa area di bagian tubuh yang sangat rentan terpapar virus, yakni area wajah yang cukup sensitif sebagai saluran terinfeksi Covid-19.

Ia menegaskan, untuk tidak menyentuh mata, mulut, hidung. Misalnya seorang bayi atau anak-anak kecil, terkadang orang lain gemas melihatnya dan langsung memegang bagian tubuhnya.

 handphone

"Itu yang harus dijaga anak-anak jangan Sembarangan dipegang, apalagi pandemi," terangnya saat live Instagram bersama Okezone dan Sindonews, Kamis (21/10/21).

Kemudian ada benda yang ternyata jadi sarang kuman adalah handphone dan kacamata. Keduanya merupakan benda yang hampir sehari-hari dipakai.

"Menurut survei handphone itu tempat penumpukan virus terbanyak. Jadi sering-sering dibersihkan saja," tuturnya.

Lebih lanjut untuk protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata masing-masing harus memastikan bahwa dirinya dalam keadaan sehat.

Selain itu, menjaga ketat prokes 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas juga perlu diperhatikan oleh masyarakat yang ingin berwisata ke suatu daerah.

"Gimanapun kalau kita udah sehat, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, protokol 5 M-nya dijaga, itu juga mengurangi kita terinfeksi virus. Lalu masker jangan dilepas," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)