Share

35% Mantan Pasien Alami Long Covid, Apa Pengaruhnya ke Tubuh?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Kamis 21 Oktober 2021 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 612 2489595 35-mantan-pasien-alami-long-covid-apa-pengaruhnya-ke-tubuh-iHLvyH768z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

KASUS Covid-19 di Indonesia memang mengalami penurunan, sementara angka kesembuhan terus menunjukan tren positif. Tapi, yang sekarang menjadi persoalan adalah penyakit yang terjadi setelah seseorang sembuh dari Covid-19.

Kondisi tersebut biasanya disebut dengan Long Covid, yang biasanya memengaruhi fisik seseorang. Long Covid sendiri adalah masalah kesehatan yang timbul pasca dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan mengatakan Long Covid bukanlah hal yang baru. Dari 2020 Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah membuat survei mengenai orang-orang yang sembuh pada Covid-19 sejak September.

"Ternyata sekira 35 persen dari para penyintas, staminanya tidak kembali ke kondisi semula. Umumnya mereka yang mengalami long covid adalah mereka yang dirawat di rumah sakit," terang dr. Erlina dalam Podcast di channel YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (21/10/2021).

Dokter Erlina mengatakan pada saat itu pemerintah Indonesia kurang memberikan perhatian terhadap Long Covid. Sebab pemerintah sedang sibuk mengurus Covid-19 nya yang sempat melonjak. Padahal orang yang terlebih dahulu terkena (penyintas) telah memberikan info-info.

"Dan kebetulan bangsa Indonesia, orang yang sangat bersyukur. Sehingga begitu sembuh mereka senang sekali. Jadi keluhan sedikit tidak dijadikan masalah. Sebenarnya orang yang memperhatikan quality of life pasti akan mengatakan," tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sekadar informasi, kasus harian Covid-19 di Indonesia pada 20 Oktober kemarin mengalami pertambahan sebanyak 914 orang se-Indonesia. Penambahan itu membuat total kasus selama Pandemi menjadi 4.237.201 orang.

Hal itu berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19. Sementara itu, kasus kesembuhan terus mengalami tren positif. Hari ini, tercatat terdapat 1.207 pasien sembuh, sehingga totalnya menjadi 4.077.748 orang.

Namun, kasus kematian akibat Covid-19, tercatat 28 kasus pasien meninggal hari ini. Dengan penambahan itu, total pasien meninggal 143.077 orang. Adapun penyumbang kasus Covid-19 terbanyak yakni Jabar, DKI Jakarta, Jatim, dan Kaltim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini