Share

Malam Jumat, Yuk Buka Alquran Digital Okezone dan Baca Surah Al Kahfi

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 614 2489430 malam-jumat-yuk-buka-alquran-digital-okezone-dan-baca-surah-al-kahfi-FOEskjkSmp.jpg Ilustrasi malam Jumat baca Surah Al Kahfi bisa melalui Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

MALAM Jumat waktunya memperbanyak amal salih. Contohnya, membaca Surah Al Kahfi, dan makin mudah membacanya dengan membuka Alquran Digital Okezone. Surah Al Kahfi sendiri memiliki arti "Para Penghuni Gua". Al Kahfi merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran.

Surah Al Kahfi berisi 110 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi. Membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat memiliki keberkahan besar, yakni bisa mendapat pancaran cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala antara si pembaca dengan Kakbah.

Baca juga: Hari Santri Nasional 2021, Ini Sejarahnya Diperingati Setiap 22 Oktober 

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Dihimpun dari laman Rumaysho, Kamis (21/10/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan bahwa tuntunan membaca Surah Al Kahfi setiap malam Jumat berdasarkan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: 20 Nama Anak Islami Berawalan J, Miliki Makna Bermartabat hingga Pekerja Keras 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Jabir bin Hayyan sang Bapak Kimia Modern 

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: Cobaan Berat Mualaf Cantik Diusir Orangtua, Pergi Hanya dengan Pakaian yang Melekat di Tubuh 


Oleh karena itu, jangan dilewatkan membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat ini. Mengingat, amalan tersebut sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan terdapat pahala besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Mau Cepat Alami Turunkan Berat Badan? Ustadz dr Zaidul Akbar Ajak Hindari 4 Makanan Ini 

Kemudian untuk mempermudahnya, bisa mengakses Alquran Digital Okezone. Di dalamnya lengkap berisi 114 surah dari 30 juz Alquran. Tersedia juga terjemahan, arti, hingga tafsir dari setiap ayat Alquran yang dibaca.

Fitur-fitur tersebut tentunya dapat menambah khazanah keilmuan umat Islam Indonesia. Jadi, jangan lupa awali ibadah malam Jumat yang penuh keberkahan ini dengan mengakses Alquran Digital Okezone.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Mualaf Cantik Ini Temukan Kebenaran di Dalam Alquran: Isinya Tidak Pernah Berubah 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini