Share

Alquran dan Sains Ungkap Kurma Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan, Ini Urutannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 614 2489711 alquran-dan-sains-ungkap-kurma-tumbuh-dalam-5-fase-kehidupan-ini-urutannya-w3q0k3rGJX.jpg Alquran dan sains mengungkap buah kurma tumbuh dalam lima fase kehidupan. (Foto: Freepik)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap keistimewaan buah kurma. Kurma adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, baik untuk dijadikan olahan makanan maupun obat. Bahkan, Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam sangat menyukai buah kurma yang diketahui tumbuh di tanah tandus ini.

Selain itu, kurma juga memiliki keistimewaan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ini berkat kandungan zat atau vitamin di dalamnya.

Baca juga: Alquran dan Sains: Siwak Lebih Efektif 6-8 Jam Jaga Kesehatan Gigi 

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, kurma memiliki segudang keistimewaan. Misalnya, ia tumbuh dalam lima fase yang berkaitan dengan kehidupan.

Buah kurma.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا.لِى وَٱشْرَبِى وَقَرِّى عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ ٱلْيَوْمَ إِنسِيًّا

Artinya: "Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: 'Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini'." (QS Maryam: 25–26)

Baca juga: Alquran dan Sains: Nyamuk Tanda Kebesaran Allah Ta'ala, Miliki Zat Pembius hingga 6 Belalai 

Lima fase itu yaitu pertumbuhan dan baru matang pada bulan keenam dari pertumbuhannya. Fase pertama disebut hababuk atau sadda, yakni terbentuknya butiran-butiran mayang berisi serbuk bunga yang bulat dan rasanya pahit.

Fase kedua adalah tumbuhnya bakal biji mentah yang mulai tumbuh memanjang, berwarna hijau, dan rasanya pahit menyengat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fase ketiga, kurma mentah tadi mulai berubah warna menjadi kuning kemerahan dan rasanya mulai berubah manis tapi masih bercampur pahit.

Fase keempat, kurma mulai matang dan salah satu sisinya mulai berisi daging buah, berwarna seperti madu, bertekstur lembut, dan rasanya manis seperti gula.

Baca juga: Alquran dan Sains, Ini Alasan Babi Haram Dimakan Umat Islam 

Fase kelima, kurma matang sepenuhnya, warnanya semakin mencolok, dan kulitnya mengelupas.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika berbincang dengan Aisyah memberi tahu pentingnya buah kurma. "Wahai Aisyah, jika rumah tak memiliki kurma (sebagai makanan), maka penghuninya akan kelaparan." (HR Muslim)

Buah kurma dianggap sebagai bahan makanan yang lengkap karena mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan garam mineral yang merupakan unsur-unsur penentu kualitas buah-buahan.

Baca juga: Benarkah Ada Kehidupan di Luar Angkasa? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Kurma juga menjadi makanan yang disunahkan saat berbuka puasa. Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Beliau mengonsumsi kurma dengan jumlah ganjil.

Kemudian manisnya buah kurma juga dapat menambah energi setelah seharian berpuasa. Oleh karena itu, kurma sangat umum ditemukan ketika bulan Ramadhan tiba.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini