Share

Hari Santri 2021, Jokowi Harap Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 614 2490019 hari-santri-2021-jokowi-harap-indonesia-jadi-pusat-ekonomi-syariah-dunia-LqhIjhXHo6.jpg Presiden Jokowi di momen Hari Santri 2021 ini berharap Indonesia bisa jadi pusat ekonomi syariah dunia. (Foto: Dok BPMI)
A A A

DI momen peringatan Hari Santri 2021 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Hal ini mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia. Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia," kata Presiden Jokowi, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Hari Santri 2021, MUI Ingatkan Islam Wasathiyah yang Menjunjung Toleransi 

Menurut dia, saat ini perkembangan ekonomi syariah Indonesia cukup pesat. Berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, sektor ekonomi syariah Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang berarti.

"Ini kita lihat dari tahun demi tahun. Tahun 2018 ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia. Ini di 2018. Kemudian di tahun 2019, naik menjadi peringkat 5. Dan tadi seperti yang disampaikan oleh bapak Wapres di tahun 2020, ekonomi syariah Indonesia sudah berada di peringkat 4 dunia. Naik, naik, naik terus," ungkapnya.

Baca juga: Umat Diajak Banyak Wakaf di Momen Hari Santri 2021, Ini Keutamaannya 

Meski begitu, dia meminta agar tidak berpuas diri dengan capaian tersebut. Pasalnya, Jokowi yakin ekonomi syariah Indonesia bisa lebih meningkat lagi.

"Namun kita tidak boleh berpuas diri. Perlu ada upaya yang sinergis antar-pemangku kepentingan agar ekonomi syariah kita tumbuh lebih pesat lagi. Dan itulah peran penting yang harus dimainkan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jokowi mengaku menaruh harapan besar pada MES untuk menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah. Utamanya untuk membangun ekosistem ekonomi syariah di Indonesia. Termasuk juga dalam membangun ekonomi inklusif yang memberdayakan dan mampu bertahan menghadapi berbagai macam krisis.

"Sebagai organisasi keumatan, MES diharapkan menjadi lokomotif pengembangan ekonomi syariah yang membumi, yang menyentuh ekonomi umat secara langsung, yang melahirkan lebih banyak wirausaha-wirausaha dari kalangan santri, yang menggerakkan perekonomian yang inklusif," tuntasnya.

Baca juga: 10 Link Twibbon Hari Santri 2021 Beserta Cara Menggunakannya, Menarik dan Gratis 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini