Share

Demi Jadi Mualaf, Mantan VJ MTV Ini Rela Tinggalkan Kemewahan

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 621 2491026 demi-jadi-mualaf-mantan-vj-mtv-ini-rela-tinggalkan-kemewahan-QBL2eFFA7C.jpg Mantan VJ MTV Kristiane Backer mantap menjadi mualaf dan meninggalkan dunia gemerlap. (Foto: YouTube Ape Astronaut)
A A A

PERJALANAN para mualaf memberikan beragam kisah. Seperti dialami Kristiane Backer, mantan VJ MTV Europe. Bagi para penggemar dunia hiburan tentu tidak asing dengan acara Music Television atau MTV yang sangat populer pada tahun 1990-an hingga 2010. Program yang tayang di berbagai negara tersebut juga melahirkan banyak sosok artis yang berasal dari VJ atau presenter-nya.

Sosok Kristiane Backer adalah salah satu nama besar di dunia hiburan pada 1990-an. Kariernya melesat dengan tidak hanya sebatas menjadi host untuk acara musik, namun juga menjadi sosialita papan atas Benua Biru.

Baca juga: Cobaan Berat Mualaf Cantik Diusir Orangtua, Pergi Hanya dengan Pakaian yang Melekat di Tubuh 

Mantan VJ MTV Kristiane Backer mantap menjadi mualaf dan meninggalkan dunia gemerlap. (Foto: YouTube Ape Astronaut)

Berhasil mencapai popularitas dan memiliki pundi-pundi kekayaan luar biasa, nyatanya tidak membuat Kristiane bahagia. Ia pun kemudian terlibat dalam sebuah perjalanan spiritual yang akhirnya mengantarkan dirinya menjadi seorang mualaf dan memeluk agama Islam. Lalu saat itu terjadi, Kristiane Backer rela meninggalkan semua pencapaiannya tersebut.

"Saya menjalani kehidupan yang tinggi. Saya memiliki semua yang bisa diimpikan oleh seorang anak muda," ucap Kristiane Backer, seperti dikutip dari kanal YouTube Ape Astronaut, Senin (25/10/2021).

Tetapi terlepas dari keberhasilan tersebut, dia selalu merasakan kekosongan batin, jauh di lubuk hati ada sesuatu yang masih hilang dan Kristiane kerap merasa kesepian.

"Saat itu saya dilema. Saya berada di atas panggung dengan 70.000 orang bersorak, dan seolah-olah saya berada di atas awan. Tapi aku merasa kesepian," jelasnya.

Baca juga: Mualaf Cantik Ini Temukan Kebenaran di Dalam Alquran: Isinya Tidak Pernah Berubah 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mengenal Islam di Pakistan

Perjalanan spiritualnya pun dimulai saat Kristiane Backer berpacaran dengan Imran Khan, atlet kriket asal Pakistan yang menjadi orang pertama mengenalkannya pada Islam di tahun 1992.

Dalam perjalanan ke Pakistan, Kristiane Backer mengetahui bahwa Allah adalah kata Arab untuk Tuhan, Pencipta Alam Semesta. Dia juga memerhatikan pentingnya yang diberikan oleh orang Pakistan kepada Tuhan.

Baca juga: Viral Para Perempuan Cantik Rusia Ucap Syahadat, Langsung Mantap Berhijab 

Kembali dari perjalanannya ke Pakistan, Kristiane Backer menghadiri penghargaan MTV di Los Angeles dan merasa bahwa seluruh adegan itu sangat palsu dan dangkal. "Saya sangat merindukan kehangatan dan keaslian orang-orang yang saya temui di Pakistan," ucapnya.

"Saya merindukan semua stimulasi intelektual ini, ada begitu banyak yang bisa ditemukan. Setelah bekerja di MTV, di mana Anda harus meninggalkan otak Anda di rumah dan bersenang-senang di tempat kerja," lanjut Kristiane.

Saat mempelajari Islam lebih lanjut, Kristiane terkejut dengan buku-buku yang dia baca tentang Islam, di mana menyebutkan para Nabi yang akrab dengannya. Dia menemukan begitu banyak kesamaan antara Yudaisme, Kristen, dan Islam.

Baca juga: Pertama Kali Diri Dekat Kakbah, Ini Reaksi Tak Terduga Para Bule Mualaf 

Kristiane mengambil beberapa waktu untuk memastikan Islam adalah pilihan yang tepat. Namun saat menjalani hubungan dengan Imran yang seorang Muslim, Kristiane pernah berbicara di depan publik bahwa meskipun dia belum menjadi mualaf, dia adalah seorang Muslim di hati.

Setelah yakin, Kristiane yang merupakan seorang Protestan pun mulai berdoa dan beberapa bulan kemudian, ia secara resmi mengucapkan syahadat.

Merelakan Segalanya demi Islam

Menjadi seorang Muslim segera mengakhiri kariernya di MTV dan dunia hiburan, karena Kristiane Backer menemukan fakta bahwa sulit bagi artis wanita untuk bisa eksis dengan penampilan tertutup, sesederhana mengenakan baju lengan panjang.

Tidak sampai di situ saja, hubungan Kristiane dengan Imran pun kandas setelah tiga tahun berjalan. Seakan kehilangan segalanya, Kristiane menganggapnya sebagai ujian dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Jusuf Hamka Sukses Jadi Bos Jalan Tol Usai Masuk Islam, Ternyata Ini yang Memotivasinya 

Kesabarannya tersebut membuahkan hasil. Pada 2002, ia menunaikan ibadah haji dan dari situ Kristiane mulai mengerjakan buku biografinya 'From MTV to Mecca' dan menerbitkannya di Jerman pada tahun 2009 dan meraih sukses.

Buku tersebut sangat populer hingga diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Arab, Belanda, dan Turki.

Kini Kristiane Backer dikenal sebagai seorang "Duta Haji" untuk Pemerintah Arab Saudi. Ia pun memutuskan menjadi seorang konsultan seni di Jerman.

Baca juga: Mantap Pakai Hijab, Mualaf Cantik Amerika Ini Hadapi Cobaan Tak Terduga 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini