Share

Buya Yahya Jelaskan Alasan Istri Wajib Berbakti kepada Suami

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 330 2492867 buya-yahya-jelaskan-alasan-istri-wajib-berbakti-kepada-suami-PsCIGdG3ub.jpg KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya mengungkap alasan istri harus berbakti kepada suami. (Foto: Instagram @buyayahya_albahjah)
A A A

BERBAKTI kepada suami sebagai imam dalam rumah tangga menjadi kewajiban seorang istri. Di mana saat menikah, seluruh tanggung jawab kedua orangtua wanita telah diserahkan sepenuhnya kepada pria yang meminang putrinya.

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma’arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan suami adalah nomor 1 bagi istrinya.

Baca juga: Pria Muslim Haram Pakai Perhiasan Emas dan Sutera, Ini Alasannya 

"Nomor 1 adalah suami. Tapi suami yang baik menjadikan istrinya agar menomorsatukan ibu dan bapaknya," ujar Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Safa Zidan, Kamis (28/10/2021).

Suami istri. (Foto: Wirestock/Freepik)

Sementara itu salah satu kitab yang membahas tentang adab dalam pernikahan adalah Uqudulujain. Buya Yahya mengingatkan, apabila ada yang membaca atau mempelajari kitab tersebut maka jangan sampai salah tafsir.

Buya Yahya menjelaskan, pernah ada seseorang yang secara tidak langsung mengekang istrinya untuk tidak pergi ke mana-mana. Bahkan, sampai orangtuanya sedang membutuhkan anaknya yang merupakan istrinya.

Baca juga: Ada Orang Percaya Rumah Berhantu, Ini Nasihat dari Buya Yahya 

Hal ini jelas tidak diperbolehkan. Buya Yahya menerangkan, akan lebih baik suami membebaskan istrinya jika hal itu berkaitan dengan orangtua dari istrinya. "Suami yang baik selalu mengajari istrinya berbakti kepada bapak/ibu," paparnya.

Ia menambahkan, sekalipun seorang wanita sudah bersuami, maka harus tetap memuliakan kedua orangtuanya. Sebab, ridho anaknya ada pada kedua orangtuanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini