Share

Petir Menggelegar Tanda Kekuasaan Allah Ta'ala, Jangan Lupa Baca Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 618 2492858 petir-menggelegar-tanda-kekuasaan-allah-ta-ala-jangan-lupa-baca-doa-ini-PoMK7WCDiP.jpg Ilustrasi doa mendengar petir. (Foto: Freepik)
A A A

HUJAN disertai petir menggelegar mulai terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Banyak orang takut akan suara dan kilatan petir yang menyambar, karena khawatir tersambar serta suaranya dinilai cukup menyeramkan.

Pembina Mualaf Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, ketika hujan datang disertai kilatan petir, sebagai orang beriman jangan pernah takut. Sebab, petir merupakan salah satu bentuk kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Doa Sebelum Tidur dan Ketika Sudah Bangun 

Ia melanjutkan, baiknya ketika mendengar petir mengucapkan kalimat-kalimat Allah Subhanahu wa ta'ala. Petir bukan sekadar fenomena alam, tapi juga ciptaan Allah Ta'ala.

Selain itu, orang-orang kafir sangat takut dengan adanya petir, karena mereka menganggap petir adalah petaka serta dapat membuatnya celaka sehingga mereka menutup kedua telinganya.

"Harus kita pahami bahwa petir itu bukan cuma fenomena alam, tapi petir itu juga makhluk Tuhan. Karena petir juga makhluk Tuhan yang menurut orang kufur/kafir itu menakutkan, sehingga ia menutup kupingnya," ujar Ustadz Agustin kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Buka Puasa Senin Kamis Waktu Paling Bahagia, Lengkapi dengan Baca Doa Ini 

Selanjutnya ketika mendengar petir, kaum Muslimin hendaknya membaca doa. Sebagaimana Abdullah bin Az-Zubair saat mendengar petir, menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya: "Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya." (Al Muwaththa’ 2/992. Al Albani berkata hadis ini mauquf yang sahih sanadnya. Sumber: Kitab Hisnul Muslim Said bin Ali Al Qathanis)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa yang lain, berdasarkan riwayat Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma ketika mendengar petir, beliau mengucapkan:

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

Subhanalladzi sabbahat lahu

Artinya: "Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya."

Baca juga: Di Hari Jumat Berkah Ada Waktu Paling Mustajab Berdoa, Kapan Itu? 

Lalu beliau mengatakan:

قال إن الرعد ملك ينعق بالغيث كما ينعق الراعي بغنمه

Artinya: "Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya." (Adabul Mufrod Nomor 722, dihasankan oleh Syekh Al Albani)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Dzikir Setelah Sholat Fardhu Lengkap dengan Terjemahan, Arti, dan Faedahnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini