Share

Kisah Gereja Kapernaum di Jerman, Dijual dan Diubah Jadi Masjid Al-Nour

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 614 2493117 kisah-gereja-kapernaum-di-jerman-dijual-dan-diubah-jadi-masjid-al-nour-bHs5dvzX35.jpg Gereja di Jerman dijual kemudian dibeli dan diubah jadi Masjid Al-Nour. (Foto: YouTube Cordova Media)
A A A

SEBAGAI dua agama dengan jumlah pemeluk terbesar di dunia, perubahan yang terjadi antara bangunan gereja menjadi masjid ataupun sebaliknya tentu menjadi sesuatu yang menarik. Fenomena tersebut pun pernah terjadi di Jerman yang notabene Muslim adalah minoritas di sana.

Pada tahun 2012, untuk pertama kalinya sebuah gereja di Kota Hamburg, Jerman, telah diubah menjadi masjid. Gereja tersebut bernama Kapernaum-Kirche yang telah dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan umat Kristen di Distrik Horn yang berkembang pada tahun 1961.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 28 Oktober 2021M/21 Rabiul Awal 1443H 

Namun seiring berjalannya waktu, Gereja Kapernaum mengalami kekurangan jemaat dan dana, sehingga para evangelis terpaksa menjual bangunan itu di tahun 2002. Demikian dikutip dari akun Facebook Cordova Media, Kamis (28/10/2021).

Gereja di Jerman dijual kemudian dibeli dan diubah jadi Masjid Al-Nour. (Foto: YouTube Cordova Media)

Pada 10 tahun kemudian, tepatnya tahun 2012, gereja tersebut telah dibeli oleh Komunitas Muslim Al-Nour yang makin berpengaruh di Jerman.

Baca juga: Perjalanan Berliku Mantan Penyanyi Tere Jadi Mualaf, Kisahnya Bikin Menangis 

Pembelian ini sontak menghebohkan publik Negeri Panser. Nikolaus Schneider, presiden dewan Gereja Injili di Jerman menyebut penjualan gedung itu kepada kaum Muslim sebagai "tragedi".

Sebuah foto yang menunjukkan salib Kapernaum diganti dengan kaligrafi "Allah" di menaranya telah beredar di linimasa Twitter Jerman dan Polandia selama berminggu-minggu. Pro-kontra pun tidak dapat dihindarkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bahkan, Kanselir Jerman Angela Merkel ikut angkat bicara dengan mengatakan, "Alih-alih salib, kata 'Allah' sekarang berdiri di atas menara gereja. Sebuah gereja di Hamburg telah diubah menjadi masjid. Mungkin sebagai bagian dari 'nilai-nilai Eropa'."

Namun sebagian dari para imam dan umat Kristen setempat mengklaim bahwa pembelian tersebut akan mempererat ikatan hubungan mereka dengan Komunitas Muslim Al-Nour. Bahkan salah satu mantan pendeta Kapernaum mengatakan menyambut Al-Nour ke gereja dengan tangan terbuka.

Baca juga: Gadis Cantik Ini Jadi Mualaf Usai Bangun dari Koma, Cobaan Berat Datang dari Keluarga Besarnya 

Sebagai informasi, biaya pembelian gereja dan rekonstruksi menjadi masjid berhasil didanai dari sumbangan. Pemerintah Kuwait juga ikut membayar beban rekonstruksi dengan menyumbangkan EUR1 juta atau sekira Rp16,5 miliar saat itu.

Dengan demikian saat peresmian Masjid Al-Nour tidak hanya dihadiri oleh pejabat pemerintah setempat, namun juga duta besar Kuwait turut ambil bagian dalam upacara pembukaan masjid.

Baca juga: Petir Menggelegar Tanda Kekuasaan Allah Ta'ala, Jangan Lupa Baca Doa Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini