Share

Viral Mualaf Kembalikan Tas Berisi Rp25 Juta, padahal Tak Punya Uang dan Tempat Tinggal

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 02:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 614 2495147 viral-mualaf-kembalikan-tas-berisi-rp25-juta-padahal-tak-punya-uang-dan-tempat-tinggal-rI7vNFadj4.jpg Kisah mualaf jujur Bapak Insyafuddin kembalikan tas berisi uang Rp25 juta. (Foto: Instagram @aceh.viral)
A A A

SEORANG pria mualaf bernama Insyafuddin mendadak viral dan menjadi perbincangan hangat warganet. Pasalnya, pria asal Sumatera Utara ini baru saja menemukan tas berisi uang Rp25 juta yang tertinggal di Masjid Oman Al Makmur Lampriet, Kota Banda Aceh. Meski kondisi ekonominya sedang sulit, dia tetap berlaku jujur dengan mengembalikan uang tersebut kepada pemiliknya. Aksi terpuji itu diunggah oleh akun Instagram @aceh.viral.

Menurut keterangan unggahan viral tersebut, peristiwa itu terjadi pada Rabu 27 Oktober 2021. Saat itu Insyafuddin sedang sholat di Masjid Oman Al Makmur. Usai sholat, dia menemukan sebuah tas yang tergeletak di teras masjid. Mulanya Insyafuddin tidak ingin mengambilnya. Dia hanya berinisiatif menunggu waktu bakda Sholat Ashar dan Sholat Magrib. Namun, tidak ada seorang pun yang datang mengambilnya.

Baca juga: Tak Percaya Tuhan, Wanita Cantik Ini Belajar Islam lalu Yakin Jadi Mualaf 

"Beliau perhatikan sejak setelah Sholat Ashar hingga Magrib tiba, tidak ada seorang pun yang datang untuk mengambilnya," tulis akun @aceh.viral dalam keterangan unggahannya, seperti dikutip MNC Portal, Selasa (2/11/2021).

Lantaran waktu Maghrib telah tiba, dia pun mengambil tas tersebut dan berniat menyerahkannya ke pengurus masjid. Ketika memeriksa isi tas itu, ternyata berisi uang berjumlah puluhan juta. Dia tentu sangat terkejut dan langsung mencari pengurus masjid untuk segera diamankan.

Kisah mualaf jujur Bapak Insyafuddin kembalikan tas berisi uang Rp25 juta. (Foto: Instagram @aceh.viral)

"Alhamdulillah, waktu subuh besoknya pemilik tas tersebut datang ke masjid dan mengambilnya tanpa ada kurang sedikit pun dari dalam isi tas," jelasnya.

Diketahui, Insyafuddin adalah seorang mualaf yang dulunya merantau ke Aceh untuk bekerja. Namun, kini dia sudah tidak lagi memiliki pekerjaan. Bahkan, tidak punya tempat tinggal. Setiap harinya, dia tinggal di Masjid Oman Al Makmur.

Baca juga: Masuk Islam, Bule Ganteng Ini Justru Dilaporkan ke Polisi oleh Keluarganya 

"Untuk makan pagi, beliau selalu shalat di Masjid RSUZA karena tersedia sarapan pagi di sana bagi jamaah yang tidak mampu. Dan di siang harinya, beliau rela berjalan jauh dari Lampriet ke Masjid Taqwa Muhammadiyah Merduati untuk mendapatkan nasi bungkus gratis," terangnya.

Jamaah Masjid Oman Al Makmur mengungkapkan bahwa Insyafuddin adalah sosok yang selalu menjaga sholat lima waktu dan panjang dalam berdoa. Dia juga sering membaca buku yang tersedia di masjid. Kesehariannya Insyafuddin sering duduk di pos keamanan Masjid Oman sembari bercengkerama ramah dengan jamaah masjid lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Atas kebaikannya, Pengurus Masjid Oman Al Makmur pun memberikan ruangan khusus sebagai tempat tinggal Insyafuddin. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan pekerjaan sebagai petugas kebersihan masjid agar memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhannya.

"Beliau juga diberikan pekerjaan sebagai petugas kebersihan masjid guna memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhannya," paparnya.

Baca juga: Tidak Kenal Islam, Gadis Cantik Ini Jadi Mualaf Usai Berteman dengan Mahasiswi Muslimah 

Unggahan tersebut langsung viral dan menuai banyak komentar positif. Banyak yang mendoakan Insyafuddin agar sehat selalu dan diberikan rezeki berlimpah. Banyak juga yang berniat mengirimkan donasi kepada pria jujur tersebut.

"Ketika keimanan diuji walaupun beliau bisa melakukan apapun dengan uang itu, tapi beliau tetap kokoh menjaga keimanannya, inilah salah satu contoh yang sangat baik n mulia. Semoga beliau diberikan rezeki dan keberkahan dalam hidupnya. Sehat selalu," tulis warganet.

Baca juga: Cerita Mualaf Cantik Anak Tentara Amerika: Baca Alquran seperti Menerima Surat dari Allah Ta'ala 

"Subhanallah, sungguh jujur hati bapaknya," timpal warganet lain.

"Mari kita viralkan, semoga membuka pintu rezeki untuk beliau," sahut warganet lain.

"Ayo rame-rame kasih beliau tempat tinggal," balas warganet lainnya.

"Open donasi untuk bapaknya min," pungkas warganet lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini