Share

Sholat Kembali Normal, MUI Minta Tetap Jalankan Prokes dan Bawa Sajadah Sendiri

Widya Michella, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 614 2495248 sholat-kembali-normal-mui-minta-tetap-jalankan-prokes-dan-bawa-sajadah-sendiri-TEHjNJmBnP.jpg Sholat berjamaah di masjid. (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

SHOLAT lima waktu secara berjamaah di masjid telah normal kembali di beberapa daerah zona hijau. Shaf sholat pun dipersilakan rapat lagi. Ini seiring terus menurunnya angka kasus covid-19 di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta jamaah tetap menjalankan protokol kesehatan, salah satunya membawa sajadah sendiri dari rumah.

Baca juga: MUI Ingatkan Shaf Sholat Kembali Rapat untuk Daerah PPKM Level 1 

Ia mengatakan, pihak yang mengetahui covid-19 di Indonesia sudah terkendali adalah para ahli bersama pemerintah yang telah menetapkan apakah di daerah tersebut sudah aman atau belum.

"Kalau kata mereka belum aman, maka kita harus tetap menjaga jarak, karena begitu prokesnya. Tapi kalau sudah aman, maka kita kembali sholat dengan merapatkan shaf, tetapi untuk lebih berhati-hati kita tetap pakai masker dan membawa sendiri sajadah dari tempat atau rumah masing-masing," kata Anwar saat dihubungi MNC Portal, Senin 1 November 2021.

Waketum MUI KH Anwar Abbas. (Foto: Istimewa/Sindonews)

Ia mengatakan agama menyuruh seluruh umatnya untuk menjaga keselamatan diri dan jiwa dari marabahaya. Contohnya, virus corona atau covid 19 merupakan penyakit yang dapat membahayakan diri dan jiwa.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 2 November 2021M/26 Rabiul Awal 1443H 

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi masyarakat untuk selalu menjaga diri agar tidak tertimpa petaka dan marabahaya.

"Bagaimana cara untuk menghindarinya? Yang tahu tentang hal tersebut adalah para ahli dan para ilmuan yang memang mengerti dan paham tentang covid-19. Untuk itu, wajiblah bagi kita memerhatikan saran-saran mereka yang sudah mereka rumuskan lewat prokes, di antaranya adalah kita disarankan untuk menjaga jarak dan lain-lain," jelasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terkait aplikasi PeduliLindungi yang diterapkan di tempat ibadah, menurut Anwar dapat menyulitkan beberapa jamaah yang tidak mempunyai handphone.

"Tidak semua jamaah punya handphone atau membawa handphone ke masjid karena mereka tidak mau terganggu oleh handphone tersebut. Jadi hal demikian tentu akan sangat menyulitkan sebagian dari umat," ucapnya.

Baca juga: Shaf Sholat Berjamaah Kembali Rapat, Ini Imbauan Kemenag 

Sehingga, menurut dia, baik masjid dan mushola dapat mengimbau kepada jamaah yang datang agar hanya bagi mereka yang benar-benar sehat. Selebihnya dapat melaksanakan ibadah di rumah.

"Iya paling-paling begitu," tuntasnya.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Selasa 2 November 2021M/26 Rabiul Awal 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini