Share

7 Amalan Sebelum Tidur, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 616 2495327 7-amalan-sebelum-tidur-simak-penjelasan-aa-gym-berikut-ini-np2dlYLKao.jpg Ilustrasi amalan sebelum tidur. (Foto: Unsplash)
A A A

AMALAN sebelum tidur hendaknya diketahui setiap Muslim. Diharapkan juga dilaksanakan setiap hari agar selalu mendapat perlindungan Allah Subhanahu wa ta'ala dari sebelum hingga sesudah bangun tidur.

Tidur sendiri merupakan salah satu anugerah serta nikmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala bagi umat manusia. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan mengerjakan sunah-sunah sesuai apa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebelum tidur.

Terkait amalan sebelum tidur, Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym membagikan tujuh adab Muslimin sebelum tidur sebagaimana diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Doa Sebelum Tidur dan Ketika Sudah Bangun 

1. Tidak tidur larut malam

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak menyukai orang yang tidur larut malam. Beliau menyukai orang yang cepat tidur. Dengan demikian, mereka bisa lebih cepat bangun untuk beribadah.

"Itulah amalan yang disukai oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, dan sunnah," kata Aa Gym, dikutip dari tausiyah di akun YouTube-nya Aa Gym Daily Vlog, Kamis (2/9/2021).

Ilustrasi amalan sebelum tidur. (Foto: Pressfoto/Freepik)

2. Berwudu

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudu terlebih dahulu sebagaimana wudumu untuk melakukan sholat." (HR Bukhari dan Muslim)

"Kalau kita berwudu, tubuh kita lebih bersih dan bisa ibadah dalam keadaan suci," tutur Aa Gym.

Baca juga: Dzikir Malam Sebelum Tidur Lengkap dengan Bacaan Latin, Arti, dan Faedahnya 

3. Doa

Aa Gym mengatakan ini merupakan aturan yang paling penting ketika hendak tidur. Selain membaca doa sebelum tidur, dianjurkan membaca Ayat Kursi.

"Juga Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan untuk membaca Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas," papar Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Membersihkan tempat tidur

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan umatnya untuk mengambil kain dan mengibaskannya ke tempat tidur.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, "Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan 'bismillah', karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR Bukhori dan Muslim)

"Kita tidak tahu apa yang terjadi sebelum kita datang ke tempat tidur. Luar biasa, bukan?" ungkap Aa Gym.

Baca juga: Perlukah Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Masjid? Ini Jawaban MUI 

5. Mematikan lampu

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga menyarankan sebelum tidur setiap Muslim mengunci pintu, menutup bejana, mengamankan makanan. Ini seperti sabda beliau:

"Matikanlah lampu-lampu kalian, jika kalian hendak tidur. Dan tutuplah pintu-pintu serta tutuplah bejana serta wadah makanan dan minuman kalian." (HR Bukhori)

"Luar biasa, dan ini sangat sesuai dengan ilmu kedokteran. Itu sangat baik untuk tubuh kita," sambung Aa Gym.

Baca juga: Viral Penjual Es Krim Keliling Beri Gratis Selamanya untuk Penghafal Alquran, Netizen: Makin Berkah 

6. Berbaring menghadap ke kanan

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Bukhori dan Muslim).

Selain itu, usahakan agar tidur tidak telungkup karena tak baik menurut kesehatan. "Dengan berbaring ke sebelah kanan, jantung kita lebih aman," jelas Aa Gym.

Baca juga: Sholat Kembali Normal, MUI Minta Tetap Jalankan Prokes dan Bawa Sajadah Sendiri 

7. Mengakhiri dengan doa

Aa Gym mengatakan, ini adalah doa yang sangat utama yang harus dihafalkan dan dipahami. Karena jika doa ini kita jalankan dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan, maka akan mengantarkan kita pada husnulkhatimah.

"Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari (ancaman)-Mu kecuali kepada-Mu, aku memohon ampunan-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus." (HR Bukhari dan Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tentara Amerika Ditanya Rasanya Bersyahadat, Jawabannya Sangat Mengejutkan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini