Share

Aa Gym Bagikan Tips 5-US Menjemput Rezeki yang Berkah

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 616 2496346 aa-gym-bagikan-tips-5-us-menjemput-rezeki-yang-berkah-NCH42SLfc8.jpg Aa Gym membagikan tips menjemput rezeki yang berkah. (Foto: Dok YouTube Aa Gym Daily Vlog)
A A A

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan bahwa setiap manusia tentu ingin mendapat rezeki yang berkah dan berlimpah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam ajaran agama Islam, dikatakan bahwa rezeki setiap orang sudah dijamin, seperti dijelaskan dalam kitab suci Alquran Surah Hud Ayat 6.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS Hud: 6)

Dikutip dari kanal YouTube-nya Aa Gym Daily Vlog, Kamis (3/11/2021), Aa Gym membagikan tips 5-US untuk menjemput rezeki yang berkah. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya.

Baca juga: 7 Amalan Sebelum Tidur, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

1. Niat harus tulus

Niat dalam bekerja harus tulus dan juga ikhlas. Tanpa niat yang tulus, sehebat apa pun amal yang dilakukan tidak akan bernilai sebagai amal salih.

Aa Gym mengibaratkan niat bagai ruh dan amal bagai jasad. Tanpa niat, jasad pun akan mati. Niat bekerja bukan untuk uang, pangkat, karier, ataupun popularitas. Tetapi, berniatlah bekerja sebagai perintah Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mencari keridhoan-Nya.

Ilustrasi tips menjemput rezeki yang berkah. (Foto: Shutterstock)

2. Ibadah harus bagus

Berdasarkan Surah Adz-Dzariyat Ayat 56, Allah Subhanahu wa ta'ala menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan rezeki yang berkah dan melimpah, beribadahlah tepat waktu. Selain sholat lima waktu di masjid, ada pula sholat rawathib, sholat dhuha, dan sholat qiyamul lail yang bisa dilakukan.

Kemudian Aa Gym juga mengingatkan untuk selalu membaca doa penarik rezeki dan penolak bala agar dalam bekerja selalu dituntun oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebab, doa adalah intisari ibadah.

Baca juga: 5 Adab Keluar Rumah ala Aa Gym, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu 

3. Hidup harus lurus

Jalan yang lurus adalah jalan ahli takwa. Dalam bekerja, hindari perbuatan, perilaku, serta tata cara menyimpang dari jalan yang diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala. Salah satu contohnya adalah korupsi. Hal tersebut tidak ada gunanya. Sebab, Allah Ta'ala yang mengatur segala rezeki untuk hamba-Nya.

Allah Subhanahu wa ta'ala sudah menyuruh umat Islam untuk menjadi orang yang jujur dan terpercaya. Perilaku itulah yang membuka jalan rezeki dengan penuh berkah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Ikhtiar harus serius

Allah Subhanahu wa ta'ala sangat menyukai orang yang menyempurnakan, termasuk dalam pekerjaan. Menyempurnakan dalam bekerja bisa dilakukan dengan bersikap profesional dan tidak setengah-setengah.

Allah Maha Melihat, tidak peduli meski sesama manusia tidak melihat. Allah Subhanahu wa ta'ala yang akan memberikan rezeki jika seseorang bekerja dengan sebaik-baiknya. Jika Allah Ta'ala mencintai hamba-Nya, maka Allah akan memberikan segalanya yang terbaik.

Baca juga: Aa Gym Bagikan Doa agar Allah Karuniakan Pendamping Hidup, Segera Dibaca 

5. Tobat terus-menerus

Dalam Surah Nuh Ayat 10–12 dijelaskan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala membuka pintu rezeki lebar-lebar bagi orang yang mau bertobat. Selain itu, bacalah istigfar sebanyak-banyaknya.

Allah Subhanahu wa ta'ala akan melapangkan hati hamba-Nya dari segala kegelisahan, kesempitan hati, dan memberikan jalan keluar dari segala persoalan, termasuk soal rezeki. Sebab, istigfar adalah pembuka pintu rezeki yang halal dan berkah.

Baca juga: 5 Adab Memuliakan Orangtua Menurut Aa Gym, Salah Satunya Dahulukan Ucap Salam 

Sebagaimana dalam Hadis Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas, "Barang siapa memperbanyak istigfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Itulah 5-US dari Aa Gym untuk menjemput rezeki yang berkah, yakni niat harus tulus, ibadah harus bagus, hidup harus lurus, ikhtiar harus serius, dan tobat terus-menerus. Semoga bermanfaat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini