Share

Ini Amalan di Hari Jumat yang Akan Dibalas 10 Kali oleh Allah Ta'ala

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 330 2497360 ini-amalan-di-hari-jumat-yang-akan-dibalas-10-kali-oleh-allah-ta-ala-SJ7EUPei1V.jpg Ilustrasi amalan di hari Jumat. (Foto: Freepik)
A A A

AMALAN di hari Jumat cukup banyak. Masing-masing memiliki keutamaan besar, dan bahkan ada yang jika sekali dikerjakan maka akan dibalas 10 kali oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Amalan itu adalah salawat.

Hari Jumat memang penuh keberkahan, jadi harus dimaksimalkan umat Islam untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dari Allah Azza wa Jalla. Ada amalan di hari Jumat yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Salah satunya adalah memperbanyak salawat.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini 8 Sunah di Hari Jumat Berkah 

"Hari Jumat itu adalah hari raya untuk umat Islam. Dikenal juga hari yang penuh keberkahan (Jumat Berkah)," ungkap KH Abdullah Jaidi kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Ilustrasi amalan di hari Jumat. (Foto: Shutterstock)

Ia menerangkan, hari Jumat juga memiliki banyak keberkahan. Pahala-pahala akan mengalir karena banyaknya amalan yang dilakukan pada hari Jumat.

"Keistimewaan hari Jumat pun tertulis dalam ayat-ayat Alquran, yakni diisi dengan amalan-amalan baik," papar Kiai Jaidi.

Baca juga: Yuk Perbanyak Doa pada Jumat Sore, Ini Keutamaannya 

Selain itu, hari Jumat merupakan waktu yang sangat tepat diijabahnya doa-doa umat Islam, karena Allah Subhanahu wa ta'ala membuka pintu doa dan harapan seluas-luasnya pada hari ini.

"Pada hari Jumat para malaikat bersalawat dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, yakni mendoakan umat Islam supaya diberi keberkahan dan keselamatan," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Surah Al Ahzab: 56)

Baca juga: Ukir Sejarah, Abdullah Hammoud Jadi Wali Kota Muslim Pertama di Michigan Amerika 

Lalu akan diperlihatkan kedudukan yang istimewa bagi Muslim yang bersalawat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ini seperti dijelaskan dalam riwayat hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: "Barang siapa bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim Nomor 408)

Baca juga: Selain Innalillahi, Ini Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia 

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam juga bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: "Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadis ini hasan ligoirihi yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Jumat 5 November 2021M/29 Rabiul Awal 1443H 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini