Share

Bolehkah Mengambil Foto Jenazah? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 08 November 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 330 2498321 bolehkah-mengambil-foto-jenazah-ini-penjelasan-ustadz-khalid-basalamah-09hsLY8UCB.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan hukum mengambil foto jenazah. (Foto: Dok YouTube Khalid Basalamah Official)
A A A

SETIAP kali peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa, tidak jarang sebagian orang justru mengambil foto jenazah. Bahkan mereka mengambil foto korban meninggal dunia yang masih tergeletak di tempat kejadian perkara (TKP).

Misalnya saja kejadian belum lama ini yaitu kecelakaan lalu lintas yang menimpa pasangan artis Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Keduanya meninggal di TKP dan ada yang mengambil foto jenazah yang masih tergeletak.

Baca juga: Kisah Mualaf Jenderal Andika Perkasa, Mantap Memeluk Islam ketika Momen Ini 

Tidak sekadar difoto, gambar jenazah yang diambil itu kemudian disebarkanluaskan. Khususnya saat ini banyak yang menyebarkan lewat media sosial (medsos).

Lantas, bagaimana pandangan Islam tentang hukum mengambil foto jenazah? Apakah boleh?

Ustadz Abu Islama Imanuddin mengatakan tidak diperbolehkan mengambil gambar jenazah, apalagi sampai menyebarluaskannya ke khalayak. Sehingga, aib si mayit di akhir hayatnya dipertontonkan kepada publik, padahal hal tersebut harusnya ditutupi.

"Tidak diperbolehkan foto-foto itu (jenazah). Tidak ada manfaatnya," ujar Ustadz Abu Islama Imanuddin, seperti dikutip dari kanal YouTube Jakarta Mengaji, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Ustadz dr Zaidul Akbar Ungkap Keistimewaan Luar Biasa Semangka, Buah Favorit Rasulullah 

Lebih lanjut ia memberikan contoh ketika berada di Makkah, Arab Saudi. Seorang jamaah selfie atau mengambilnya gambar di depan Kakbah, memamerkan bahwa ia sedang beribadah dan bisa berangkat ke Tanah Suci.

"Itu termasuk riya," terang Ustadz Abu Islama Imanuddin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Senada, Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan jangan menyimpan foto-foto orang yang sudah meninggal dunia. Hal ini khawatir akan menimbulkan fitnah.

"Jangan sampai orang itu (jenazah) disiksa hanya karena foto," tegasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jadi Mualaf, Crazy Rich Ekspedisi Ini Bangun 99 Masjid 

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini