Share

Benarkah Arwah Akan Pulang Setiap Malam Jumat? Ini Kata Buya Yahya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 08 November 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 330 2498577 benarkah-arwah-akan-pulang-setiap-malam-jumat-ini-kata-buya-yahya-S83fN1ENxC.jpg Buya Yahya membantah informasi arwah pulang setiap malam Jumat minta didoakan. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)
A A A

KIAI Haji Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan banyak cerita tentang arwah yang beredar di masyarakat. Bahkan, sebagian meyakini arwah seseorang yang meninggal dunia akan datang setiap malam Jumat untuk minta didoakan.

Lantas, apakah itu benar? Bagaimana dengan pandangan agama? Berikut penjelasan Buya Yahya.

Baca juga: Buya Yahya Jelaskan Alasan Istri Wajib Berbakti kepada Suami 

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon tersebut menjelaskan bahwa arwah orang yang sudah meninggal datang ke rumah setiap malam Jumat tidak benar.

Ilustrasi makam. (Foto: Okezone)

"Kami sepintas pernah mendengar itu, ahli kubur malam Jumat ke rumah, minta doa, ahli kubur menangis. Itu namanya ilmu khayal," ujar Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Maulid Nabi, Ini Makna Mimpi Bertemu Rasulullah Menurut Buya Yahya 

Ia menegaskan arwah orang yang sudah meninggal dunia tidak pulang ke rumah untuk minta didoakan. Kemudian setelah didoakan oleh pihak keluarga, arwah itu lalu menangis.

"Yang ada kewajiban bagi kita seorang anak mendoakan orangtua," jelas Buya Yahya, "Orang yang sudah meninggal dunia itu punya urusan masing-masing. Punya urusan sediri."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Buya Yahya melanjutkan, anggapan arwah orang yang sudah meninggal dunia pulang ke rumah minta didoakan adalah anggapan yang salah. Hal tersebut juga bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Pria Muslim Haram Pakai Perhiasan Emas dan Sutera, Ini Alasannya 

Lebih lanjut, kata dia, setiap jiwa yang meninggal dunia akan berususan dengan amalannya masing-masing selama orang itu hidup. Kemudian jalan yang akan ditujunya pun tergantung perbuatan semasa hidupnya di dunia yang dibawanya ke alam barzah.

"Kalau dia orang baik akan mendapatkan kenikmatan di alam barzah. Kalau dia bukan orang baik akan berurusan dengan amalnya di alam barzah. Enggak perlu jalan-jalan di malam Jumat," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ada Orang Percaya Rumah Berhantu, Ini Nasihat dari Buya Yahya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini