Share

Ikan Paus Bisa Hidup di Daerah Suhu Ekstrem, Ini Penyebabnya Menurut Alquran dan Sains

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 08 November 2021 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 614 2498237 ikan-paus-bisa-hidup-di-daerah-suhu-ekstrem-ini-penyebabnya-menurut-alquran-dan-sains-dXvJJnf1ju.jpg Alquran dan sains mengungkap ikan paus bisa hidup di daerah bersuhu ekstrem. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini membahas keberadaan ikan paus yang menjadi tanda kebesaran Allah Subhanahu wa ta'ala. Semua yang ada di darat maupun laut adalah anugerah dari Allah Ta’ala dan bagian petunjuk kebesaran-Nya. Ini termasuk adanya ikan paus sebagai salah satu penghuni di lautan.

Ikan besar ini mampu menjelajahi lautan luas. Ikan paus termasuk jenis mamalia yang keberadaannya cukup dinanti manusia. Salah satu jenisnya adalah paus biru, jumlahnya lebih dari 150 ribu ekor sebagaimana telah diperkirakan oleh para ilmuwan.

Baca juga: Kenapa Harus Menutup Mulut saat Bersin atau Menguap? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, berat ikan paus biru mencapai 130 ton dan panjangnya mencapai 35 meter.

Apabila jumlah tersebut dikalikan dengan jumlah populasinya, hasilnya akan sangat besar. Kemudian jika jumlah daging sebanyak itu dibagikan kepada seluruh penduduk bumi, maka setiap orang akan mendapat 4 kilogram.

Info grafis ambergris muntahan ikan paus. (Foto: Okezone)

Jenis mamalia penghuni laut ini ukurannya sangatlah besar. Meski demikian, ukuran janinnya sangatlah kecil, yakni tidak lebih dari 1 sentimeter. Tapi setelah dilahirkan, ia bisa mencapai 7 meter dan memiliki bobot hingga 2 ton.

Ikan paus dapat bertahan di dalam laut lebih dari 30 menit. Sementara manusia tidak akan dapat bertahan di dalam air tanpa bernapas lebih dari 3 menit.

Baca juga: Istigfar Bisa Obati Komplikasi Kejiwaan Manusia? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Kemampuan ikan paus yang demikian ini disebabkan struktur tubuhnya yang mampu menyimpan oksigen ke dalam otot-ototnya, darahnya, dan jaringanjaringan tubuhnya. Sementara paru-parunya hanya menyimpan 10 persen oksigen.

Ikan paus menjelajahi lingkaran dunia dari utara ke selatan, ke Kutub Utara dan Selatan, dan kembali lagi ke Khatulistiwa. Padahal sebagaimana diketahui bersama terdapat perbedaan suhu yang sangat ekstrem antara daerah Kutub dan Khatulistiwa. Namun ajaibnya ikan paus memiliki lapisan lemak yang bisa melindunginya dari suhu dingin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ketebalan lapisan itu mencapai 1 meter. Jika ikan paus pergi ke daerah Khatulistiwa yang hangat, lapisan lemak tersebut akan menipis hingga ketebalannya tinggal separuhnya saja.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kurma Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan, Ini Urutannya 

Keistimewaan ikan paus ini jadi salah satu bukti tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana tertulis di dalam Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا مِّنْهُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS Al Jatsiyah: 13)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains: Siwak Lebih Efektif 6-8 Jam Jaga Kesehatan Gigi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini