Share

Kisah Mualaf Jenderal Andika Perkasa, Mantap Memeluk Islam ketika Momen Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 08 November 2021 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 621 2498291 kisah-mualaf-jenderal-andika-perkasa-mantap-memeluk-islam-ketika-momen-ini-RBMobhbniV.jpg Kisah mualaf Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Dok Okezone)
A A A

JENDERAL Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI setelah diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Ia pun sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan dan disetujui anggot DPR. Namun ternyata ada kisah menarik di balik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini, yakni sosoknya sebagai mualaf.

Mulanya ketika mengawali karier sebagai tentara, Jenderal Andika Perkasa diketahui masih beragama Katolik. Ia memiliki nama Emanuel Andika Perkasa. Hal ini diketahui setelah beredarnya data Andika saat masih menjadi taruna di Akademi Militer (Akmil).

Baca juga: Jadi Mualaf, Crazy Rich Ekspedisi Ini Bangun 99 Masjid 

"Dari nama-nama itu dan agama jelas pada saat itu memang Andika Perkasa beragama Katolik," kata pengamat militer sekaligus wartawan senior Selamat Ginting, seperti dikutip dari kanal YouTube Hersubeno Point, Senin (8/11/2021).

Tapi harus diingat, lanjut dia, ketika dilantik menjadi KSAD pada tahun 2018 di Istana Negara, Jenderal Andika Perkasa bersumpah di atas Alquran. Dengan demikian ia sudah menjadi Muslim.

Baca juga: Cobaan Berat Artis Risdo Matondang Jadi Mualaf: Saya Dianggap Sudah Mati 

Selamat Ginting melanjutkan, momen Andika menjadi mualaf ketika menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono. Sang istri merupakan putri dari tokoh nasional Jenderal (Purn) AM Hendropriyono.

Ia melanjutkan, Andika menikah dengan Hetty dengan cara Islam. "Artinya di situlah Andika mualaf," jelas Selamat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah menjadi Muslim, tambah Selamat Ginting, dia mengubah namanya menjadi Andika Perkasa saja. Keislaman Jenderal Andika Perkasa terlihat ketika momen-momen seperti Ramadhan dan hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Baca juga: Mualaf Cantik Ini Luruskan 5 Kesalahpahaman Masyarakat Barat Terhadap Islam 

Ketika di momen kebesaran umat Islam itu, terang Selamat Ginting, Andika Perkasa tampak mengenakan baju koko, kopiah, dan sebagainya. Jadi tidak perlu diragukan lagi sebagai Muslim.

"Saat Idul Fitri juga. Saat menyambut kelahiran cucunya juga Andika menggunakan baju koko dengan wajah semringah. Jadi celar-lah Andika Perkasa seorang Muslim," jelasnya.

Baca juga: Duo Mualaf Cantik Bagikan Kiat-Kiat Hadapi Keluarga yang Menentang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini