Share

Tokoh Muslim Dunia: Abu Wafa sang Ahli Matematika Penemu Rumus Trigonometri

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 614 2499009 tokoh-muslim-dunia-abu-wafa-sang-ahli-matematika-penemu-rumus-trigonometri-k859SMv1iM.jpg Tokoh Muslim dunia Abu Wafa sang penemu rumus trigonometri. (Foto: Steemit)
A A A

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Abu Wafa. Ia memiliki nama lengkap Abul Wafa Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yahya Ibn Ismail Buzjani. Dia merupakan seorang astronom dan matematikawan asal Persia. Pada tahun 959 Masehi, Abu Wafa pindah ke Irak dan mempelajari matematika, khususnya trigonometri.

Kemudian, siapa yang tidak kenal dengan rumus trigonometri sin, cos, dan tan di ilmu matematika? Ternyata ilmuwan Muslim inilah yang menemukan rumus tersebut. Sebuah fakta umum bahwa banyak ilmuwan Muslim yang memberikan sumbangsih di bidang ilmu pengetahuan.

Baca juga: Tokoh Muslim: Ibnu Batutah sang Penjelajah Terhebat Dunia yang Datangi Indonesia 

Tokoh Muslim dunia Abu Wafa sang penemu rumus trigonometri. (Foto: Steemit)

Pada abad pertengahan, banyak Muslimin yang menjadi ilmuwan karena sumbangsih pemikiran di bidang pengetahuan, salah satunya yang jarang disorot yaitu ilmuan Abu al Wafa sebagai ilmuan astronomi dan trigonometri penemu sin, cos, dan tan.

Abu Wafa merupakan seorang ilmuwan yang lahir di Buzhgan, Khorasan (kini Irak), pada tanggal 10 Juni 940 Masehi. Khorasan merupakan provinsi di mana sering melahirkan Muslim sarjana serta memberikan kontribusi besar pada peradaban Islam.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Al Muqaffa Ahli Sastra dan Penerjemah Asal Persia 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejak kecil Abu Wafa sudah memiliki kecerdasan di atas rata-rata anak seumurannya. Pada usia 19 tahun, dirinya pindah ke Baghdad (kini ibu kota Irak) yang terkenal sebagai pusat ilmu pengetahuan. Abu Wafa dipercaya sebagai pemimpin observatorium astronomi oleh pihak kerajaan.

Hasil perhitungan yang akurat dan analisisnya diakui para ilmuwan, terutama analisis penentuan waktu terbit matahari, perkiraan panjang musim, dan derajat kemiringan bumi dari garis ekliptiknya.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Kindi sang Ilmuwan dan Filsuf Pertama dari Arab 

Mahir juga pada ilmu matematika, jasa terpenting Abu Wafa terlihat pada bidang trigonometri. Mengembangkan fungsi tangen serta menemukan metode penghitungan trigonometri, dianggap sebagai orang yang pertama memperkenalkan sinus dan consinus.

Rumus trigonometri sendiri memiliki peran sangat vital di era matematika modern saat ini. Salah satunya di bidang arsitektur dalam pembangunan gedung pencakar langit.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Jabir bin Hayyan sang Bapak Kimia Modern 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini