Share

Hari Pahlawan, Kiai dan Santri Berperan Besar Meraih Kemerdekaan Indonesia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 614 2499496 hari-pahlawan-kiai-dan-santri-berperan-besar-meraih-kemerdekaan-indonesia-kofLeqCLEf.jpg Ilustrasi Hari Pahlawan momen mengingat lagi peran kiai dan santri dalam kemerdekaan Indonesia. (Foto: Shutterstock)
A A A

HARI Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November tidak lepas dari catatan sejarah perjuangan para kiai dan santri terdahulu. Terlebih lagi saat keluarnya fatwa Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama (NU) yang mengobarkan semangat masyarakat untuk melawan penjajah adalah permohonan Presiden Soekarno pada 17 September 1945.

Kemudian Mayor Jenderal TKR Mustopo bersama Mayor Jenderal Sungkono, Bung Tomo, dan tokoh lainnya menghadap KH Hasyim Asyari untuk meminta fatwa melakukan jihad. Berkaca dari peristiwa tersebut dapat dimaknai bahwa peran kiai dan santri sangat besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada peristiwa 10 November 1945.

Baca juga: Hari Pahlawan, Muhammadiyah: Momen Ikhtiar untuk Menyerap Nilai-Nilai Perjuangan 

Hari Pahlawan. (Foto: Shutterstock)

"Bisa kita ambil kesimpulan bahwa peran kiai dan santri tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena atas keluarmya Fatwa Resolusi Jihad, semangat masyarakat pada waktu itu berkobar untuk mengusir sekutu dan NICA," ujar KH Ahmad Athoillah, seperti dikutip dari NU Online, Rabu (10/11/2021).

Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar Jombang ini berharap peran generasi muda saat ini dapat dimaksimalkan dengan aktif berdakwah di media sosial.

Baca juga: Hari Pahlawan, Google Doodle Menampilkan Sosok Ismail Marzuki 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia menuturkan, "Generasi muda harus bisa memberikan warna baru di media sosial dengan memproduksi konten-konten Islam moderat yang berhaluan ahlussunnah wal-jamaah."

Baca juga: Jalani Puasa, Mualaf Cantik Asal Jepang Ini Dapat Respons Tak Terduga Keluarganya yang Non-Muslim 

Selain itu, ia juga mengatakan peringatan Hari Pahlawan ini sebagai momentum generasi muda meningkatkan semangatnya menjadi penerus bangsa yang unggul.

"Oleh karena itu, generasi muda di era ini harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Jadi, harus tanggap dan mendalami peran-peran strategisnya," tukasnya.

Baca juga: Kisah Mualaf Putri Anne, Mantap Kenakan Hijab hingga Terus Belajar Ajaran Islam 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini