Share

Hadapi Musibah Berat, Baca Doa Ini Supaya Selalu Tabah

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 618 2499437 hadapi-musibah-berat-baca-doa-ini-supaya-selalu-tabah-S5k32bRDov.jpg Ilustrasi doa tabah hadapi musibah. (Foto: Shutterstock)
A A A

MUSIBAH bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Ini merupakan kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala dalam menguji hamba-Nya yang bertakwa.

Tapi dalam menghadapi musibah, ada cara yang dianjurkan dilakukan kaum Muslimin, yakni memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Salah satu tujuannya adalah memohon ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut.

Baca juga: Doa Terhindar dari Wabah Penyakit, Dibaca Usai Melaksanakan Sholat 

"Pentingnya selalu mengingat Allah subhanahu wa ta'ala adalah upaya mencegah manusia dari malapetaka atau musibah yang tentunya akan merugikan," jelas Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Nasrullah Afandi kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Selain itu; istigfar, zikir, salawat, serta membaca kalimat-kalimat Allah lainnya dapat mengingatkan kaum Muslimin akan ujian-Nya. Kemudian agar senantiasa dilindungi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, juga dianjurkan membaca doa keselamatan. Salah satunya adalah:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu." (HR Muslim)

Baca juga: Selain Innalillahi, Ini Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bisa juga disertai dengan doa ini agar tetap tabah ketika menghadapi musibah:

بِسْمِ اللهِ اْلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Yuk Perbanyak Doa pada Jumat Sore, Ini Keutamaannya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini