Share

Kisah Mukjizat Nabi Hud dan Diturunkannya Azab Badai Hitam kepada Kaum 'Ad

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 614 2500119 kisah-mukjizat-nabi-hud-dan-diturunkannya-azab-badai-hitam-kepada-kaum-ad-NfA8EaABSB.jpg Ilustrasi kisah mukjizat Nabi Hud Alaihissallam dan azab badai hitam untuk kaum 'Ad. (Foto: Shutterstock)
A A A

NABI Hud Alaihissallam merupakan nabi keempat setelah Nabi Nuh Alaihissallam. Nabi Hud diutus oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk kaum 'Ad. Kaum ini hampir serupa dengan kaum Nabi Nuh yang menyembah berhala.

Kaum 'Ad dikenal sebagai kaum yang sejahtera. Mereka percaya bahwa berhala dapat memberikan perlindungan, kebahagiaan, kebaikan, keuntungan, serta dapat menjauhi segala musibah sehingga tidak berhenti sujud pada berhala tersebut.

Baca juga: Mukjizat Nabi Nuh, Pandai Membuat Kapal Besar Penyelamat Kaum yang Menaati Allah Ta'ala 

Hal tersebut dikarenakan mereka berkeyakinan kepada benda dan lahiriah, bukan kepada nilai moral dan akhlak, sehingga banyak kerusuhan serta tindakan sewenang-wenang.

Nabi Hud Alaihissallam diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk meluruskan kembali kehidupan kaum 'Ad yang telah menyimpang dari ajaran agama dari nabi terdahulu. Namun, mereka menolak ajakan dan dakwah Nabi Hud. Mereka menilai bahwa ajakan dan dakwah Nabi Hud membuat mereka jauh dari tuhan berhalanya.

Baca juga: Rasulullah Sangat Suka Makan Buah Semangka, Ternyata Ini Alasannya 

Mereka tidak percaya dengan ajaran dan dakwah Nabi Hud Alaihissallam, termasuk kehidupan setelah kematian. Nabi Hud pun memperingatkan adanya azab dari Allah Subhanahu wa ta'ala atas kaum 'Ad. Allah Ta'ala pun memberikan dua azab kepada kaum 'Ad. Azab pertama, Allah Ta'ala memberikan kekeringan kepada kaum 'Ad.

Setelah itu, Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan azab sebuah awan hitam. Kaum 'Ad menyambut awan hitam tersebut yang diindikasikan sebuah hujan yang dapat mengakhiri kekeringan di tanah mereka. Namun, Nabi Hud Alaihissallam memperingatkan bahwa awan tersebut bukanlah hujan, melainkan badai untuk membuktikan kata-katanya saat itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Makin dekat, awan hitam tersebut menerbangkan seluruh benda yang berada di dekatnya, termasuk hewan ternak. kaum 'Ad menjadi panik dan berhamburan menyelamatkan diri. Bencana badai itu pun berlangsung 8 hari 7 malam sehingga menyapu peradaban kaum 'Ad.

Nabi Hud Alaihissallam dan para pengikutnya diberikan perlindungan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Setelah hilangnya peradaban di kaum 'Ad, Nabi Hud Alaihissallam bersama para pengikutnya pun berhijrah menuju Hadramaut dan menghabiskan sisa hidupnya di sana.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 5 Mukjizat Luar Biasa Nabi Idris, Belum Banyak yang Mengetahui 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini